6 Penyebab Mengapa Anda Bisa Telat Haid

6 Penyebab Mengapa Anda Bisa Telat Haid
Sering telat haid? Beberapa perempuan mungkin tidak sporadis mengalaminya selama beberapa minggu hingga beberapa bulan. Umumnya, perempuan memiliki periode menstruasi atau haid setiap 28 hari. Enda bisa memiliki periode yg lebih pendek atau lebih panjang menurut ini, setiap 24-35 hari. Namun, jangan khawatir jikalau Enda telat haid atau memiliki periode haid yg nir teratur. Ada poly alasan mengapa hal ini bisa terjadi.

Penyebab telat haid

Berikut ini beberapa alasan yg bisa melatarbelakangi mengapa Enda bisa telat haid. Ternyata, alasannya nir melulu berafiliasi bareng kehamilan loh.

1. Hamil

Ya, hamil! Bagi Enda yg sedang menunggu calon butir hati, mungkin telat haid adalah suatu fakta gembira bagi Enda. Tapi, tunggu dulu, usahakan pastikan apakah Enda berhasil hamil atau nir. Karena menunjukan kehamilan bukan hanya telat haid & telat haid bukan berarti Enda hamil. Enda bisa memastikan kehamilan Enda ini bareng tes kehamilan sendiri dalam tempat tinggal bareng test pack  atau memeriksakan ke dokter bareng implikasi lebih saksama. Bika Enda memiliki periode haid teratur & Enda telat haid setelah aktif berafiliasi seksual, mungkin betul Enda sedang hamil.

2. Stres

Tidak hanya karena kehamilan, telat haid jua bisa ditimbulkan sang alasan lain, mirip stres. Saat stres, hormon-hormon dalam tubuh Enda bisa terpengaruh. Salah satu hormon yg terpengaruh ialah hormon gonadotropin (GnRH). Penurunan jumlah hormon gonadotropin bisa berakibat divestasi telur perempuan tertunda menjadi akibatnya telat haid. Periode haid Enda mungkin akan pergi normal setelah beberapa bulan atau lebih. Sebaiknya periksakan diri Enda ke dokter.

3. Masalah berat badan

Berat badan ternyata bisa memengaruhi hipotalamus, yaitu kelenjar dalam otak yg bertanggung jawab dalam mengatur poly sekali proses dalam tubuh, termasuk daur haid. Berat badan berlebih atau penurunan berat badan yg poly dalam waktu cepat bisa mengganggu kerja hipotalamus. Tubuh nir akan melepaskan hormon estrogen yg diharapkan buat membangun dinding rahim, jikalau berat badan Enda terlalu kurus. Sebaliknya, tubuh akan membuat estrogen dalam jumlah lebih jikalau Enda kelebihan berat badan.

Kedua hal ini kemudian bisa berakibat Enda nir melepaskan telur, menjadi akibatnya Enda telat haid. Meningkatkan berat badan (jikalau Enda terlalu kurus) atau menurunkan berat badan (jikalau Enda gemuk) bisa membantu mengembalikan periode haid Enda.

4. Ketidakseimbangan hormon

PCOS atau sindrom ovarium polikistik adalah galat satu penyakit yg ditimbulkan sang ketidakseimbangan hormon seks dalam tubuh perempuan. Ketidakseimbangan hormon ini bisa berakibat tumbuhnya kista ovarium yg bisa mencegah divestasi telur secara teratur. Atau, bahkan divestasi telur berhenti. Gejala lain menurut PCOS ialah pertumbuhan rambut berlebih, kenaikan berat badan, & jerawat.

lima. Penyakit

Telat haid jua bisa ditimbulkan sang poly sekali penyakit, mirip hipertiroid atau hipotiroid. Kedua penyakit ini berafiliasi bareng kelenjar tiroid yg memiliki peran dalam mengatur metabolisme tubuh. Selain itu, penyakit diabetes & penyakit celiac jua bisa memengaruhi daur haid Enda. Diabetes yg nir terkontrol bisa berakibat periode haid nir teratur. Sementara, penyakit celiac bisa mencegah tubuh dalam menyerap nutrisi krusial, menjadi akibatnya berakibat haid terlambat.

6. Perimenopause

Perimenopause ialah periode transisi menurut usia reproduktif ke usia nonreproduktif. Biasanya perimenopause ini terjadi 2-8 tahun sebelum menopause. Pada ketika ini, hormon estrogen Enda mulai berkurang, menjadi akibatnya Enda mungkin akan mengalami perubahan daur haid. Selain itu, Enda jua bisa mengalami hot flashes, tidak sporadis berkeringat dalam malam hari, tidak bisa tidur, vagina kemarau, & perubahan suasana hati.

Kapan wajib periksa ke dokter?

Periksakan diri Enda ke dokter segera jikalau sudah lebih menurut 3 periode berturut-turut Enda telat haid. Bika Enda sudah melakukan tes kehamilan sendiri dalam tempat tinggal & hasilnya negatif, atau Enda jua nir mencicipi menunjukan-menunjukan kehamilan lainnya padahal Enda telat haid, usahakan jua segera periksakan ke dokter.
loading...

0 komentar untuk 6 Penyebab Mengapa Anda Bisa Telat Haid