5 Hal yang Bisa Merangsang Produksi ASI Ibu Menyusui

5 Hal yang Bisa Merangsang Produksi ASI Ibu Menyusui
ASI mengandung semua nutrisi yang diharapkan bayi, sehingga ASI menjadi salah satu kunci penting supaya bayi Anda tetap sehat dan tumbuh kembangnya berjalan bareng baik. Namun, tidak sedikit bayi yang tidak mendapatkan ASI pribadi selama 6 bulan. Berbagai penyebab mampu menjadi alasan, namun salah satu alasan yang paling seringkali ialah karena ASI sudah tidak keluar lagi sebelum 6 bulan.

Manfaat ASI bagi bayi dan ibu

ASI memiliki manfaat yang sangat banyak bagi bayi Anda, antara lain:

ASI mengandung antibodi yang membantu bayi melawan bakteri ataupun virus sehingga bayi Anda tidak gampang sakit
Bayi yang mendapatkan ASI memiliki risiko menderita asma atau alergi
ASI mengandung nutrisi yang lengkap untuk bayi
Bayi yang diberikan ASI pertumbuhannya cenderung normal

Selain untuk bayi, ternyata menyusui juga memiliki manfaat bagi ibu, antara lain:

Menyusui ternyata membakar kalori, sehingga menyusui membantu ibu menurunkan berat badan setelah hamil
Menyusui memicu divestasi hormon oksitosin yang membantu mengembalikan ukuran rahim ke ukuran normal, dan membantu mencegah terjadinya perdarahan setelah melahirkan
Ibu menyusui memiliki risiko kanker payudara yang lebih kecil

Mengenal let down reflex

Selama masa kehamilan, didukung oleh perubahan hormon, payudara Anda akan mengalami perubahan supaya siap untuk menyusui bayi Anda. Jumlah ASI akan bertambah banyak setiap harinya. Ketika bayi mengisap puting payudara, bayi akan merangsang saraf-saraf pada puting yang memicu let down reflex alias dilepasnya 2 macam, yaitu hormon prolaktin dan hormon oksitosin. 

Hormon prolaktin akan memicu produksi ASI, sedangkan hormon oksitosin akan melebarkan saluran ASI dan membantu payudara memompa ASI keluar berasal kelenjarnya.

Apa saja yang mampu melancarkan dan memperbanyak ASI?

Berbagai faktor berpengaruh terhadap produksi ASI yang didapatkan oleh ibu. Penting bagi Anda untuk mengetahui tips untuk membantu Anda mempertahankan produksi ASI selama mungkin. Berikut beberapa saran yang mampu membantu meningkatkan produksi ASI.

1. Sering menyusui bayi

Frekuensi Anda menyusui bayi merupakan faktor utama produksi ASI. Semakin seringkali Anda menyusui, semakin banyak pula hormon prolaktin yang didapatkan, maka akan semakin banyak pula ASI yang diproduksi. Perlu diingat, ini dilakukan bareng menimbang adanya perlekatan antara mulut bayi dan puting yang betul.

Sediakan waktu untuk meyusui selama 20-30 menit setiap 2-3 jam setiap harinya, dan pada antaranya Anda mampu memberikan ASI tambahan sebagai snack. Seiring bareng bertambahnya usia bayi, frekuensi bayi menyusui akan berkurang. Jangan lupa untuk tidak menunda menyusui apabila bayi Anda sudah mulai lapar.

2. Suasana nyaman saat menyusui

Ketika Anda ingin menyusui, buatlah suasana yang nyaman dan rileks untuk Anda. Carilah tempat duduk yang nyaman, sediakan minum yang cukup, dengarkan musik atau sambil menonton televisi, dan jauhkan diri Anda berasal gangguan seperti telepon genggam supaya tidak mengganggu proses menyusui. Bernapas secara perlahan dan dalam mampu membantu Anda merelaksasi diri Anda.

3. Pijat payudara

Sambil menyusui, Anda mampu memijat payudara Anda secara perlahan untuk membantu proses pengeluaran ASI. Pijat mulai berasal sisi luar payudara ke arah bagian dalam. Berhati-hatilah supaya tidak memijat hingga ke puting payudara karena mampu mengganggu bayi saat menyusui.

4. Kebahagiaan ibu

Kondisi psikologis ibu juga berperan dalam produksi ASI. Ketika Ibu mengalami stres secara psikologis, ibu akan menghasilkan hormon stress yang membuat produksi ASI menjadi berkurang. Penyebab stress mampu beragam, kebanyakan disebabkan oleh faktor berasal luar seperti sikap tidak mendukung berasal orang lain terhadap menyusui dan justru menyarankan untuk memberikan susu formula.

Kasih sayang berasal famili juga dibutuhkan untuk mengurangi stress. Kondisi seperti baby blues dan depresi pasca melahirkan (postpartum depression) juga sangat berpengaruh terhadap produksi ASI.
loading...

0 komentar untuk 5 Hal yang Bisa Merangsang Produksi ASI Ibu Menyusui