Mengenal Anatomi Mata Manusia Bagian-bagian dan Fungsinya

Mengenal Anatomi Mata Manusia Bagian-bagian dan Fungsinya
Mata adalah keliru satu organ tubuh yg paling krusial. Namun, masih poly yg belum memahami mengenai bagian-bagian anatomi mata yg krusial. Untuk mendapatkan klarifikasi singkat wacana anatomi mata & fungsi berdasarkan setiap bagiannya, simak ulasan dalam bawah ini.

Anatomi mata insan & kegunaannya
Sumber: www.webmd.com
1. Kornea

Kornea adalah jaringan berbentuk kubah transparan yg membangun bagian paling depan mata Enda. Kornea berfungsi menjadi ventilasi & menjadi jalan masuk cahaya ke mata Enda. Berkat kornea, mata Enda juga memulai proses buat mengatur proses sinar cahaya agar sanggup melihat tutur-tutur & gambar secara terang.

Kornea berfungsi menyampaikan 65-75 % kekuatan penekanan mata Enda. Enda pun perlu berhati-hati buat menjaga kesehatan kornea Enda. Karena dalam dalam kornea mengandung poly ujung saraf yg membuatnya sangat sensitif & adalah bagian krusial dalam jalur masuknya cahaya ke dalam mata.

2. Bilik mata depan (anterior chamber)
Sumber: All About Vision
Bilik mata depan adalah sebuah kantung mirip jelly yg berada dalam belakang kornea mata, dalam depan lensa. Kantung yg juga dikenal bareng tutur anterior chamber ini (lihat dalam gambar) berisi cairan aqueous humor yg membantu membawa nutrisi ke jaringan mata. Cairan aqueous humor ini berfungsi menjadi penyeimbang tekanan dalam dalam mata.

Kesehatan mata Enda bergantung dalam proses produksi & peredaran cairan dalam bilik mata depan. Bika masih timbul gangguan, hal ini sanggup membuahkan kasus dalam tekanan dalam dalam matanya, misalnya mirip penyakit glaukoma.

tiga. Sklera

Sklera adalah selaput putih keras bareng jaringan fibrosa yg menutupi seluruh bola mata Enda (sepanjang jalan dalam kurang lebih), kecuali bagian kornea. Di dalamnya masih timbul otot yg melekat guna menggerakkan mata yg melekat dalam sklera.

4. Iris & pupil

Iris & pupil adalah bagian berdasarkan anatomi mata yg saling bekerjasama satu sama lain. Iris adalah membran berbentuk cincin dalam dalam mata yg mengelilingi lubang dalam tengahnya. Nah lubang dalam tengahnya itulah yg dikenal menjadi bareng pupil. Pupil adalah otot yg sanggup tertutup & terbuka atau mengecil & mengembang.

Iris berfungsi mengatur sejumlah cahaya yg masuk ke mata & menyesuaikan bareng bukaan pupil. Ketika diterpa cahaya terang, iris akan menutup (atau menyempit) & membangun pupil terbuka lebih mini buat membatasi jumlah cahaya yg masuk ke mata Enda.

Selain itu, irislah yg menentukan rona mata Enda. Orang bareng mata cokelat memiliki iris berpigmen tinggi, ad interim orang bareng mata biru atau ringan memiliki iris bareng pigmen yg sedikit.

lima. Lensa

Lensa adalah sebuah jaringan transparan & lentur yg terletak absolut dalam belakang iris & pupil. Ini adalah keliru satu bagian ke 2 berdasarkan mata Enda, selesainya kornea. Fungsi lensa adalah membantu memusatkan cahaya & gambar dalam retina Enda.

Karena lensa mata ini lentur & elastis, maka bentukanya sanggup berubah jadi melengkung & penekanan dalam objek dalam kurang lebih, orang yg berada dalam dekatnya atau berdasarkan kejauhan. Lensa ini menyampaikan 25-35 % kekuatan penekanan mata Enda.

Seiring bertambahnya usia, keliru satu bagian krusial berdasarkan anatomi mata ini sanggup kehilangan elastisitasnya dan kemampuan menangkap objek secara penekanan. Hal ini biasa dikenal menjadi menjadi presbiopia atau mata tua, yaitu gangguan penglihatan yg poly dialami orang lanjut usia.

6. Choroid & konjungtiva (conjunctiva)

Choroid adalah membran cokelat gelap yg masih timbul poly pembuluh darah dalam dalamnya. Posisinya terletak dalam antara sklera & retina. Choroid ini berfungsi buat memasok darah & nutrisi ke retina & ke seluruh struktur lainnya dalam bagian anatomi mata. Sedangkan konjungtiva adalah lapisan tipis jaringan yg menutupi seluruh bagian depan mata Enda, kecuali buat kornea.

7. Vitreous

Berbeda bareng cairan aqueous humor yg adanya dalam depan lensa mata, vitreous humor terletak dalam belakang lensa mata. Vitreous adalah zat mirip jelly yg mengisi bagian dalam bagian belakang mata. Seiring waktu, vitreous menjadi lebih encer & sanggup terlepas berdasarkan bagian belakang mata. 

Bika penglihatan mata Enda terlihat mirip timbul awan putih yg mengambang atau cahaya kedipan lampu, segera temui dokter mata. Pasalnya, zat vitreous yg terpisah sanggup membuahkan lubang (suatu syarat yg dikenal menjadi lubang makula) berkembang dalam retina.

8. Retina & optik

Retina adalah sebuah jaringan yg peka terhadap cahaya. Retina ini melapisi bagian atas bagian dalam mata. Sel dalam retina sanggup mengganti cahaya masuk menjadi impuls listrik. Impuls listrik ini dibawa sang saraf optik (yg menyerupai kabel televisi Enda) ke otak, yg akhirnya menafsirkannya menjadi gambar atau objek yg Enda lihat.

Sedangkan makula adalah area sensitif mini dalam tengah retina yg menyampaikan penglihatan sentral yg terang. Fovea terletak dalam pusat makula & kegunaannya buat menyampaikan penglihatan lebih jelasnya yg paling tajam dalam mata Enda.
loading...

0 komentar untuk Mengenal Anatomi Mata Manusia Bagian-bagian dan Fungsinya