Fidget Spinner, Apakah Benar Punya Manfaat Bagi Kesehatan

Fidget Spinner, Apakah Benar Punya Manfaat Bagi Kesehatan
Siapa yang tidak tahu mainan fidget spinner? Mainan yang mampu diputar-putar ini,  mampu Anda temukan di mana pun, menurut pinggir jalan hingga toko mainan di pusat perbelanjaan sekalipun. Katanya sih, fidget spinner diklaim punya poly manfaat bagi kesehatan. Dari menghilangkan stres hingga menjadi cara lain terapi bagi anak bareng autisme. Tapi, apakah semua manfaat itu sungguh ada? Ataukah hanya bualan semata?

Apakah benar fidget spinner mampu menghilangkan stres?

Bagi Anda yang telah memiliki mainan ini dan memercayainya dapat menghilangkan rasa stres yang Anda alami, maka jangan berharap terlalu poly. Karena sebenarnya, hingga saat ini belum ada penelitian yang menyatakan bahwa fidget spinner baik atau buruk bagi kesehatan.

Selama ini manfaat kesehatan fidget spinner yang Anda dengar berasal menurut penghasil atau penjual mainan tersebut saja. Sementara, untuk mengetahui apakah mainan berbentuk segitiga ini berguna bagi kesehatan, harus didasari bareng studi ilmiah yang sebelumnya pernah dilakukan.

Namun sayangnya, hingga saat ini tak ada penelitian yang dapat diandalkan untuk membuktikan hal tersebut. Jadi, jangan berharap poly stres Anda akan menghilang hanya karena memutar-mutar mainan tersebut.

Bagaimana bareng manfaat fidget spinner bagi anak yang menderita autisme?

Lagi-lagi, klaim ini berasal menurut penjual atau penghasil mainan tersebut dan tak berakar menurut penelitian ilmiah. Bisa dibilang, hal tersebut timbul sebagai strategi pemasaran. Pada anak bareng autisme atau yang mengalami keterlambatan perkembangan, Anda akan seringkali melihat mereka melakukan sikap berulang. Biasanya, mereka akan diberikan mainan khusus yang dapat mereka mainkan berulang-ulang untuk membuat mereka nyaman.

Untuk alasan yang sama, para penghasil fidget spinner memakai teori ini dan menyatakan bahwa mainan ini juga dapat digunakan untuk membuat anak bareng autisme lebih nyaman, karena mampu dimainkan berulang-ulang.

Namun hingga saat ini belum ada penelitian yang menyatakan bahwa mainan tersebut sungguh mainan yang berguna bagi anak bareng autisme. Malah, dalam sebuah studi yang baru saja diterbitkan dalam Journal Current Opinion in Pediatric, mainan seperti fidget spinner tak dapat membuat gejala autisme membaik.

Tetapi memang hingga saat ini studi yang meneliti mainan ini masih sangat sedikit, sebagai akibatnya untuk mengetahui apakah manfaat mainan ini  sungguh baik untuk kesehatan, harus dilakukan penelitian yang lebih lanjut.

Fidget spinner, tak lebih menurut sekadar mainan anak-anak

Karena hingga saat ini belum ada penelitian ilmiah yang menyatakan bahwa fidget spinner baik untuk kesehatan mental, maka benda ini sebenarnya hanya sekadar mainan saja. Apalagi bagi anak-anak yang sedang gemar memainkannya.

Oleh karena itu, sebagai orangtua Anda harus mengawasi anak-anak Anda yang seringkali memainkannya. Sebab, dalam beberapa kasus, mainan ini justru mengganggu si anak dan membuat mereka menjadi kurang disiplin.

Misalnya saja, karena sangat menyukai fidget spinner, ia melakukannya di mana pun bahkan di sekolah. Beberapa sekolah yang ada di Amerika saja telah mencanangkan larangan membawa mainan tersebut ke sekolah karena dapat mengganggu waktu belajar si kecil.

Selain itu, Anda juga harus memerhatikan bahwa anak Anda telah cukup akbar untuk memainkan fidget spinner. Anak yang belum mengerti cara memainkannya seperti anak usia balita, justru dapat menimbulkan bahaya misalnya risiko tersedak.
loading...

0 komentar untuk Fidget Spinner, Apakah Benar Punya Manfaat Bagi Kesehatan