Khasiat Minyak Esensial untuk Meredakan Stres

Khasiat Minyak Esensial untuk Meredakan Stres
Menghadapi aneka macam tekanan dan problem sehari-hari tentu dapat menimbulkan keluarnya stres. Setiap orang pun punya cara langsung buat mengatasi atau meredakan stres yg melanda. Sayangnya, tidak seluruh cara mengatasi stres baik buat kesehatan mental dan fisik Enda. Beberapa orang memilih buat belanja gila-gilaan, mengonsumsi junk food, atau bergantung kepada rokok dan bir. Bukannya berkurang, stres justru menjadi sebuah alasan buat menjalani gaya hayati yg kurang sehat. Maka, sudah saatnya Enda mencari cara baru buat meredakan stres secara alami dan sehat. Salah satunya adalah beserta memakai minyak esensial. Penelitian sudah menunjukan bahwa minyak esensial dapat membantu mengurangi kadar stres, depresi, dan kecemasan kepada insan. Pikiran Enda pun jadi lebih jernih dan tenang.

Mengenali tanda-tanda stres

Banyak orang nir menyadari tanda-tanda-tanda-tanda stres menjadi akibatnya nir dapat mencegah dan menanganinya beserta sempurna. Ini alasannya adalah stres umumnya ditandai beserta tanda-tanda yg bhineka bagi setiap orang. Maka, krusial bagi Enda buat memerhatikan dan memahami misalnya apa pola stres yg umumnya timbul. Untuk membantu Enda mencari memahami apa saja gejalanya, perhatikan hal-hal ini dia. Biasanya waktu diserang stres, Enda akan mengalami beberapa tanda sekaligus.

Pudah lupa
Sulit berkonsentrasi
Pesimis dan berpikiran negatif
Dilanda kecemasan dan kegelisahan
Pudah tersinggung dan murka
Sulit tidur meskipun kelelahan dan mengantuk
Perubahan nafsu makan (lebih akbar atau lebih mini)
Menunda-nunda pekerjaan dan tanggung jawab
Sakit kepala, pusing, mual, jantung berdebar, dan otot tegang
Diare, sakit perut, dan sembelit
Kehilangan gairah seksual
Lebih cepat merasa kelelahan

Jenis-jenis minyak esensial buat meredakan stres

Minyak esensial adalah ekstrak atau konsentrat pekat yg diambil dari aneka macam bagian tumbuh-flora misalnya bunga, daun, buah, akar, btg, dan biji-bijian. Konsentrat ini kaya akan aneka macam kandungan dan senyawa yg bisa memengaruhi hormon, enzim, tekanan darah, dan detak jantung. Ketika Enda dilanda stres, tubuh akan bertindak seolah Enda berada dalam syarat genting dan terancam menjadi akibatnya Enda jadi tegang. Dengan memakai minyak esensial, tubuh Enda akan mendapat frekuwensi bahwa situasi Enda sudah lebih baik dan tenang. Berikut adalah aneka macam jenis minyak esensial yg bisa meredakan stres.

Lavender

Sudah poly penelitian yg dilakukan para pakar kepada seluruh global buat menguji imbas minyak esensial lavender terhadap stres dan nir bisa tidur, baik bagi orang dewasa juga anak-anak dan bayi. Para peneliti dari Wesleyan University, Amerika Serikat, merekam gelombang otak para subjek penelitian yg tidur sambil menghirup aromaterapi lavender dan output studi tadi menawarkan kualitas tidur yg lebih baik. Penelitian lain yg dilakukan kepada Jepang menunjukan bahwa orang-orang yg menghirup aroma minyak esensial lavender selama dua puluh menit menawarkan penurunan taraf stres. Ini alasannya adalah lavender memiliki imbas menenangkan saraf dan pikiran. Maka, andai istilah Enda mengalami stres beserta tanda-tanda nir bisa tidur, lavender adalah pilihan minyak esensial yg sempurna.

Jeruk bergamot

Jeruk yg poly tumbuh kepada Turki, Perancis, dan Italia ini memiliki karakteristik istimewa rasa yg sedikit getir. Menurut penelitian yg diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Pharmacology, minyak yg diesktrak dari buah ini dapat membantu memperbaiki suasana hati, mengembalikan pola makan yg sehat, meredakan problem pencernaan, dan gangguan-gangguan konduite lain yg disebabkan sang stres.  

Kenanga (ylang ylang)

Ekstrak dari bunga kenanga (jua dikenal menjadi ylang ylang) dapat membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, sebuah studi dalam jurnal ilmiah Phytotherapy Research menunjukan bahwa ekstrak bunga kenanga dapat menenangkan saraf-saraf otak menjadi akibatnya tekanan darah menurun dan detak jantung jadi stabil. Untuk Enda yg memiliki penyakit hipertensi dan sedang dilanda stres, minyak esensial kenanga dapat jadi penyelesaiannya.

Chamomile

Aroma dari minyak esensial bunga chamomile dapat membantu Enda mengurangi kecemasan dan kegelisahan yg diakibatkan sang stres. University of Pennsylvania School of Medicine sudah menilik imbas minyak esensial bunga chamomile terhadap taraf depresi dan kecemasan kepada insan. Chamomile terbukti bisa meredakan stres dan menjernihkan pergi pikiran Enda menjadi akibatnya taraf konsentrasi pun semakin tinggi. Penelitian lain yg diterbitkan dalam National Center for Complementary and Integrative Health jua menawarkan bahwa minyak esensial chamomile dapat membantu Enda berpikir lebih positif dan optimis.

Mawar

Minyak esensial dari ekstrak bunga mawar bermanfaat buat mengurangi kegelisahan. Selain itu, minyak esensial mawar jua bisa mengirimkan frekuwensi kepada otak supaya lebih rileks dan tenang. Hasil temuan dari sebuah studi yg diterbitkan dalam Iranian Red Crescent Medical Journal jua meneguhkan bahwa minyak esensial mawar baik buat meredakan tanda-tanda-tanda-tanda stres.

Berbagai cara memakai minyak esensial

Untuk output yg lebih aporisma, pastikan bahwa Enda memakai minyak esensial murni yg nir dicampur bahan-bahan kimia. Enda dapat memanfaatkan khasiat minyak esensial beserta gampang kepada tempat tinggal beserta 3 cara ini dia.

Minyak gosok

Campurkan minyak esensial beserta minyak kelapa atau minyak zaitun yg baunya nir terlalu bertenaga. Kemudian oleskan dan pijat lembut kepada bagian belakang leher atau kaki Enda sebelum tidur buat membantu tubuh Enda lebih rileks. Enda jua dapat menggunakannya menjadi minyak pijat kepada seluruh tubuh buat melemaskan otot-otot yg tegang.

Aromaterapi

Untuk mendapatkan aroma yg bertenaga, teteskan minyak esensial kepada air panas dan hirup uapnya. Enda jua dapat mencampur minyak esensial beserta air dalam botol semprotan dan pakai menjadi pewangi ruangan atau pewangi kostum yg alami. Aika Enda ingin menghirup aroma minyak esensial sambil tidur, Enda dapat memakai indera pembakar mini yg mirip beserta tungku.

Campur beserta air mandi

Apabila Enda ingin melepas stres sambil memanjakan diri, campur beberapa tetes minyak esensial murni dalam air mandi atau air berendam Enda yg hangat. Enda jua dapat merendam kaki kepada dalam air hangat yg sudah dicampur minyak esensial menjadi akibatnya aromanya dapat menenangkan pikiran dan membantu mengurangi rasa lelah.

BACA JUGA:

6 Manfaat Minyak Kayu Putih Bagi Kesehatan
Amankah Penggunaan Minyak Esensial Bagi Ibu Hamil?
Daftar Makanan yg Mempengaruhi Stress Enda
loading...

0 komentar untuk Khasiat Minyak Esensial untuk Meredakan Stres