Ketika Keseleo Kaki, Boleh Diurut atau Harus ke Dokter

Ketika Keseleo Kaki, Boleh Diurut atau Harus ke Dokter
Knda yang tidak sporadis berolahraga, olahraga sepak bola biasanya, niscaya sudah asing bareng yang namanya keseleo. Ya, cita rasanya keseleo memang nir menyakitkan, apalagi keseleo kaki. Bagian kaki jadi nir sanggup dipergunakan buat beraktivitas normal. Macam-macam efeknya, terdapat yang bengkak, jalan terpincang-pincang, hingga wajib dengan tongkat.

Di Indonesia biasanya jikalau keseleo kaki, pertolongan yang dilakukan pertama kali ialah membawa diri ke tukang urut, meskipun beberapa terdapat yang pergi ke dokter. Nah, dikala keseleo kaki, sebetulnya bolehkah dibawa ke tukang urut, atau permanen wajib ke dokter? Yuk simak klarifikasi ihwal pilihan penyembuhan keseleo ini dia.

Mengapa keseleo kaki sanggup terjadi?

Penyebab keseleo sanggup terjadi karena melakukan kegiatan yang hiperbola, menjadi akibatnya otot mengalami peradangan, robek, & bengkak. Keseleo tidak sporadis sekali terjadi dalam pergelangan tangan, pergelangan kaki, & ruas-ruas jari. Gejala awam keseleo ialah bengkak, nyeri & kulit tampak kemerahan.

Saat keseleo, sebenarnya terjadi peregangan dalam ligamen (jaringan ikat) menjadi akibatnya menimbulkan robekan sebagian atau terjadi peregangan otot & tendon (jaringan ikat yang menghubungkan otot bareng tulang) menjadi akibatnya menimbulkan reaksi peradangan. Keseleo paling tidak sporadis terjadi dalam engkel pergelangan kaki, pergelangan tangan, & ruas jari. Gejala yang tidak sporadis timbul ialah nyeri, bengkak, kulit tampak kemerahan, & tentunya akan mengganggu fungsi tubuh bagian yang keseleo.

Kenapa setelah keseleo kaki usahakan ke dokter?

Sebagai keliru satu bentuk penyembuhan, aneka macam orang yang lebih mengarah buat memijat bagian yang keseleo. Diurut buat keselo kaki nir sanggup sumber-asalan, bahkan terdapat beberapa problem yang justru nir dianjurkan buat melakukan urut. Kalau keliru sedikit, akan bertambah parah kondisinya.

Perlukah diurut? Dalam global medis, hal ini sebenarnya nir dianjurkan, karena dalam dikala terjadi stress berat dalam otot, ligamen, juga tendon, justru bareng melakukan pengurutan malah hanya akan memperberat syarat stress berat & proses peradangan yang terjadi. 

Penanganan keseleo kaki sang dokter

Bika dibawa ke dokter, akan dianjurkan penanganan mirip berikut buat kaki yang keseleo:

Kondisi kaki atau bagian yang keseleo diperiksa, dilakukan penaksiran. Dokter akan menganjurkan istirahat buat ad interim waktu karena kegiatan yang berlebih dalam bagian yang keseleo akan memicu terjadinya komplikasi lebih lanjut, misal ligamen yang robek akan semakin parah.
Dokter akan menyampaikan kompresan dingin bareng es dalam problem keseleo yang baru saja terjadi. Karena dikala cedera berlangsung akan terjadi terjadi robekan pembuluh darah yang menimbulkan munculnya isi pembuluh darah tadi ke jaringan sekitar yang memicu timbulnya pembengkakan, pembuluh darah juga melebar menjadi respon peradangan. Pemberian kompres es bertujuan buat menyempitkan pembuluh darah yang melebar menjadi akibatnya mengurangi bengkak. Dokter akan melakukan kompresan sekitar 20 menit, nir lebih. Karena jikalau terlalu usang juga akan mengganggu sirkulasi darah.
Pada pengobatan medis selanjutnya, kaki yang keseleo akan ditekan & dibalut bareng perban yang elastis guna mengurangi pembengkakan. Dalam pembebatan, dokter nir akan mengikat bareng erat, agar sirkulasi darah nir terganggu yang justru sanggup menghambat proses penyembuhan.
Dokter akan  menyarankan buat mengangkat bagian yang cedera, menjadi akibatnya lebih tinggi sumber anatomi jantung. Sebagai model jikalau engkel pergelangan kaki Knda yang cedera, maka bagian tadi sanggup diganjal bareng bantal dengan tinggi dalam atas jantung buat mengurangi proses pembengkakan.

Setelah proses dalam atas dilakukan maka kita tinggal menunggu selama tiga-lima hari nantinya bengkak akan berkurang sendiri. Sedangkan buat pemilihan obat anti nyeri terdapat beberapa pendapat yang menyatakan bahwa obat-obat ini justru akan menghambat proses alamiah penyembuhan karena reaksi peradangan adalah reaksi alami tubuh dalam proses penyembuhan itu sendiri. Namun pulang dalam kebijakan dokter & syarat pasien, jikalau dirasa memang dibutuhkan karena pasien merasa kesakitan sanggup saja diberikan bareng resep.

Selain penanganan dalam atas, dalam syarat keseleo yang lebih parah alangkah baiknya periksakan diri anda dalam dokter buat memastikan terdapat tidaknya syarat patah tulang agar sanggup dilakukan pertolongan.

Bagaimana cara mengurangi risiko keseleo?

Langkah-langkah berikut sanggup membantu mengurangi risiko terjadinya keseleo yaitu:

Lakukan pemanasan sebelum melakukan latihan atau kegiatan berat.
Kenakan pelindung atau pembalut sendi elastis dikala melakukan kegiatan fisik yang berat.
Lakukan senam peregangan secara teratur buat menjaga kekuatan & kelenturan otot & sendi.
Terapkan diet sehat buat mempertahankan berat badan yang ideal & jalan pun sanggup seimbang
Hindari berolahraga atau beraktivitas waktu lelah atau sakit.
Selalu mengarah berjalan dalam bagian atas yang homogen.
loading...

0 komentar untuk Ketika Keseleo Kaki, Boleh Diurut atau Harus ke Dokter