Bolehkah Menindik Telinga Bayi yang Baru Lahir

Bolehkah Menindik Telinga Bayi yang Baru Lahir
Saat buah hati Anda lahir ke dunia, Anda tentu sudah mempersiapkan yang terbaik baginya. Kamar, tempat tidur baru, pakaian, popok, & mungkin perhiasan. Jika anak Anda perempuan, mungkin Anda berpikir untuk menindik telinga bayi Anda secepatnya. Beberapa orangtua berpikir, menindik bayi sedini mungkin akan menghindari anak mengingat rasa sakit di kemudian hari. Namun, sebagian lagi tentu berpikir sebaliknya, merasa kasihan andai saja harus menindik bayi yang baru lahir. Namun, asal sisi medis, mana yang lebih tepat untuk dilakukan? Apakah menindik telinga bayi baru lahir aman untuk dilakukan?

Simak informasi berikut ini supaya tindikan telinga tidak akan membahayakan bayi Anda.

Umur berapa telinga bayi sudah boleh ditindik?

Hal yang paling ditakuti ketika menindik bayi baru lahir merupakan adanya risiko infeksi. dr. Dyan Hes, seorang spesialis anak asal New York, mengatakan prosedur menindik bayi harus sebisa mungkin dilakukan oleh dokter atau tenaga pakar di rumah sakit. Hal ini dikarenakan tenaga profesional di rumah sakit tentu lebih memahami prinsip sterilitas alat & lingkungan. Beliau juga menganjurkan untuk menunggu bayi hingga berusia kurang lebih dua bulan sebelum menindiknya.

BACA JUGA: Mulai Umur Berapa Anak Boleh Minum Kopi?

Walau sangat kecil kemungkinan untuk terjadi infeksi, namun andai saja bayi berusia kurang asal dua bulan mengalami infeksi kulit & demam, maka komplikasi yang terjadi dapat menjadi serius. Pada keadaan tersebut, dokter mungkin harus mengambil kultur darah & urin bayi untuk menyingkirkan terjadinya infeksi sistemik atau infeksi yang menyeluruh.

Namun, kabar baiknya, hal tersebut jarang sekali terjadi. Faktanya, kebanyakan bayi di berbagai negara ditindik segera setelah dilahirkan & tidak mengalami infeksi apa pun.

Anting seperti apa yang aman bagi kulit bayi?

Para pakar menganjurkan supaya para dokter & perawat menggunakan anting berbahan perak, platinum, emas, atau stainless berbentuk kancing saat menindik. Anting berbentuk cincin tidak dianjurkan. Anting berbahan logam mulia & stainless steel berbentuk kancing dapat meminimalisir risiko infeksi & ruam. dr. Tsippora Shainhouse, seorang pakar kulit anak-anak asal California mengatakan bahwa beberapa bahan logam, khususnya nikel, seringkali menimbulkan reaksi seperti dermatitis kontak & reaksi alergi.

Ketika menindik anak kecil, Anda dianjurkan untuk menggunakan anting yang kecil & pas di telinga, serta tidak memiliki ujung yang menggantung atau tajam. Perhatikan, bahwa benda-benda yang kecil dapat menimbulkan ancaman tersedak. Selain itu, benda kecil juga memiliki kemungkinan untuk menyumbat liang telinga luar atau hidung andai saja buah hati Anda memainkannya, atau benda tersebut terlepas saat anak Anda terjatuh.

BACA JUGA: Daftar Makanan yang Tidak Boleh Diberikan Pada Bayi

Kemungkinan lain, anting yang berbentuk cincin atau memiliki ujung menggantung dapat tersangkut pada pakaian atau dapat dengan mudah ditarik oleh buah hati Anda. Jika cuping telinga anak terobek, maka diperlukan pakar bedah plastik untuk menanganinya.

Apa yang harus dilakukan setelah telinga bayi ditindik?

Kunci utama yang perlu diingat oleh Anda saat putri kecil Anda ditindik merupakan menjaganya dengan baik untuk mencegah terjadinya infeksi. Setelah ditindik, pastikan untuk selalu membersihkan telinga anak secara menyeluruh baik bagian depan maupun belakang, dengan alkohol & cotton bud. Dokter mungkin akan memberikan salep antibiotik untuk dioleskan pada telinga anak Anda. Oleskan salep tersebut setelah Anda membersihkannya dengan alkohol.

Pastikan untuk rutin membersihkan telinga buah hati Anda pagi & malam hari selama kurang lebih satu minggu. Anting yang telah dikenakan juga harus diputar beberapa kali dalam sehari. Anting yang pertama kali dipakai harus digunakan selama kurang lebih 4 hingga 6 minggu sebelum Anda menggantinya dengan yang baru. Hal ini untuk menghindari kemungkinan lubang tertutup kembali. Anting berbentuk cincin yang hampir melekat pada telinga mungkin merupakan pilihan terbaik & teraman andai saja Anda ingin mengganti cincin kancing yang pertama kali dipakai.

BACA JUGA: Tips Aman Menggunting Kuku Bayi

Selain membersihkanya dua hari sekali, hindari juga membawa anak Anda ke kolam berenang selama proses penyembuhan luka di telinganya. Hal ini bertujuan untuk mencegah infeksi sekunder & infeksi yang mungkin akan berkembang melalui darah. Jika bagian yang ditindik menjadi kemerahan, bengkak, atau bernanah, segera bawa anak Anda ke dokter untuk dievaluasi & diberikan antibiotik secepat mungkin.

Keuntungan menindik telinga bayi sejak usia dini

Percaya atau tidak, menindik anak di usia dini memberikan manfaat. Anak yang ditindik saat bayi akan memiliki risiko mengalami keloid atau bekas luka yang semakin kecil. Keloid atau bekas luka biasanya dapat muncul pada bagian yang ditindik & lebih seringkali terjadi pada anak berkulit gelap. Penelitian menunjukkan bahwa keloid umumnya muncul pada anak yang ditindik setelah usia 11 tahun. Jika keloid terbentuk, maka dibutuhkan suntikan & operasi kecil untuk membuangnya.
loading...

0 komentar untuk Bolehkah Menindik Telinga Bayi yang Baru Lahir