Berapa Banyak Kalsium yang Dibutuhkan Remaja di Masa Pertumbuhan

Berapa Banyak Kalsium yang Dibutuhkan Remaja di Masa Pertumbuhan
Kalsium diketahui menjadi mineral yang sangat dibutuhkan buat pertumbuhan tulang. Saat berbicara mengenai pertumbuhan, terutama pertumbuhan tulang, niscaya yang kita jangan lupa artinya mengenai kalsium. Ini betul, karena lebih kurang 99% kalsium masih timbul dalam tulang dan gigi. Sangat poly, bukan? Itu mengapa kita disarankan buat memperbanyak asupan kalsium. Namun, apakah Knda stahu bahwa kebutuhan terbesar asupan kalsium terjadi dalam masa remaja?

Kenapa kalsium sangat vital bagi remaja?

Masa remaja adalah masa pertumbuhan, dalam mana kebutuhan zat gizi semakin tinggi buat mendukung pertumbuhan tersebut. Pada masa ini pula terjadi puncak pertumbuhan tulang menjadi akibatnya dibutuhkan kalsium dalam jumlah akbar buat mendukung pertumbuhan. Selain itu, penyerapan kalsium paling baik pula terjadi dalam masa anak-anak dan remaja.

Dan, tahukah Knda? Kita hanya mempunyai satu kali kesempatan buat membuat tulang yang bertenaga. Sekitar 30% mineral disimpan dalam tulang selama kehidupan, dan hal ini terjadi selama masa remaja. Sekitar 90% tulang dewasa telah terbentuk dalam usia 18 tahun dan mungkin bisa terjadi lebih awal dalam beberapa perempuan. Bagi Knda yang telah berumur lebih asal 18 tahun, jangan bersedih dan jangan malah berpikir Knda nir membutuhkan kalsium lagi. Knda permanen membutuhkan asupan kalsium, hanya jumlahnya nir sebesar yang dibutuhkan dalam masa remaja.

Berapa poly kalsium yang dibutuhkan remaja?

Kalsium, satu dari mineral yang sangat vital, sangat dibutuhkan buat membantu pertumbuhan tulang. Tidak hanya buat tulang, kalsium pula mempunyai kiprah penting dalam pembekuan darah, kontraksi otot, fungsi saraf, dan pula buat melepas hormon. Sel membutuhkan kalsium buat mengaktifkan enzim pribadi, transportasi ion melintasi membran sel, dan mengirim dan mendapat pesan antar sel saraf. Kalsium pula menjadi elektrolit yang berperan dalam menjaga detak jantung teratur.

Bika seseorang nir mendapatkan kalsium yang nisbi asal kuliner yang dimakannya, tubuh akan merogoh kalsium dalam tulang buat menjaga fungsi sel agar permanen normal, dalam mana akan berakibat kelemahan dalam tulang. Bika Knda memperoleh nisbi kalsium dan melakukan kegiatan fisik waktu masih mungil dan berlanjut hingga remaja, kemungkinan Knda mempunyai tulang yang bertenaga dalam ketika dewasa lebih akbar.

Tulang tumbuh memakai cepat selama masa remaja menjadi akibatnya dibutuhkan poly kalsium buat membangun tulang yang bertenaga dan sehat. Tetapi poly remaja nir mengetahuinya menjadi akibatnya mereka nir mencukupi kebutuhan kalsiumnya. Kebutuhan kalsium remaja tergolong yang paling tinggi selama kehidupan, yaitu mencapai 1200 mg/hari (sinkron Angka Kecukupan Gizi 2013). Bahkan beberapa negara masih timbul yang merekomendasikan buat mengonsumsi kalsium 1300 mg/hari. Rekomendasi ini ditujukan buat anak berusia 10-18 tahun, dalam mana sedang terjadi pertumbuhan yang cepat.

Namun, jumlah ini sepertinya susah buat dipenuhi. The National Institutes of Health menemukan bahwa hanya 1 asal 10 anak perempuan dan  1 asal 4 anak pria yang mengonsumsi nisbi kalsium dalam sehari.

Remaja perempuan butuh lebih poly kalsium asal remaja pria

Remaja perempuan cenderung buat mengkonsumsi kalsium lebih sedikit daripada remaja pria. Padahal kalsium dalam tulang mulai menurun dalam usia dewasa dan individu mulai kehilangan kepadatan tulangnya, terutama dalam perempuan.

Sampai umur 30 tahun, tubuh akan terus menyampaikan kalsium dalam tulang menjadi akibatnya membuatnya padat dan bertenaga. Namun, setelah lebih kurang usia 30 tahun ke atas, massa tulang akan berkurang. Kepadatan tulang akan terus berkurang, terutama dalam wanita setelah menopause karena hormon estrogen akan berhenti diproduksi. Hormon estrogen ini berperan dalam membuat kepadatan tulang. Hal ini memproduksi wanita berisiko mengalami osteoporosis dalam masa lanjut usia.

Dari mana saya bisa mendapatkan kalsium?

Tidak hanya susu yang menyediakan kalsium, tetapi masih poly asal kuliner lain yang mengandung kalsium. Jadi, bagi Knda yang alergi susu, bukan adalah alasan buat Knda nir bisa mencukupi kebutuhan kalsium Knda per hari. Berikut ini adalah kuliner yang mengandung kalsium.

Susu dan produk asal susu, misalnya yogurt dan keju
Sayuran berdaun hijau, misalnya brokoli, bayam, lettuce,  bok choy, daun kale, dan lain sebagainya
Makanan asal kedelai, misalnya susu kedelai, tempe, memahami, tofu, dan yogurt kedelai
Kacang merah
Ikan, misalnya ikan sarden, tuna, salmon, dan ikan teri.
Kacang almond
Jeruk
Makanan yang difortifikasi kalsium, misalnya yang ditemukan dalam sereal dan roti
loading...

0 komentar untuk Berapa Banyak Kalsium yang Dibutuhkan Remaja di Masa Pertumbuhan