Beginilah Cara Tepat Membangunkan Orang yang Tidur Berjalan

Beginilah Cara Tepat Membangunkan Orang yang Tidur Berjalan
Tidur sambil berjalan atau melakukan sesuatu ialah salah satu kenyataan yang relatif menggelitik. Pasalnya, orang yang tidur berjalan nir sadar apa yang sedang beliau lakukan & terkadang orang tersebut melakukan hal-hal aneh & tak terduga sambil tidur. Orang yang tidur berjalan juga umumnya nir akan mengingat apa pun setelah bangun keesokan harinya. Akan tetapi, tidur berjalan sanggup menjadi masalah yang berfokus. Dalam beberapa kasus, orang sanggup tidur sambil menyalakan mesin mobil, keluar rumah ke jalan raya, atau menyalakan kompor. Maka, andai saja terdapat anggota keluarga Anda yang mengalami tidur berjalan, segera tangani bareng betul. Namun, masih banyak yang ragu apakah membangunkan orang yang tidur berjalan boleh dilakukan. Untuk itu, perhatikan ulasan lengkapnya berikut ini.

Mitos seputar tidur berjalan

Anda mungkin pernah mendengar mitos bahwa orang yang berjalan sambil tidur dilarang dibangunkan. Alasannya pun majemuk. Ada yang percaya kalau membangunkan orang yang tidur berjalan akan membuatnya terkejut & sanggup menjadikan agresi jantung atau kerusakan saraf otak. Sebagian orang juga menerka bahwa kondisi tidur berjalan ditimbulkan oleh kekuatan supernatural sehinga sebaiknya mereka nir diganggu. Pada kenyataannya, hal tersebut hanya sebatas mitos saja.

Tidur berjalan terjadi sebab terdapat bagian otak Anda yang sudah beristirahat ad interim bagian lain masih terjaga. Karena nir seimbang, otak Anda pun relatif aktif untuk memerintahkan konvoi tubuh tetapi tak relatif sadar untuk terbangun sepenuhnya. Biasanya hal ini ditimbulkan oleh kurang tidur, konsumsi alkohol, atau badan yang sedang kurang fit.

Cara membangunkan orang yang tidur berjalan

Ketika salah seseorang anggota keluarga Anda tidur berjalan, sebaiknya segera tuntun pulang ke kawasan tidurnya untuk menghindari risiko bahaya. Namun, terkadang orang yang tidur berjalan akan secara tak sadar menolak untuk diarahkan pulang ke kamar. Atau dalam beberapa kasus, Anda kesulitan untuk mengendalikan gerakan orang yang tidur berjalan ad interim orang tersebut berisiko melakukan sesuatu yang berbahaya. Dalam keadaan tersebut, para pakar menganjurkan supaya Anda membangunkannya. Perhatikan cara-cara aman untuk membangunkan orang yang tidur berjalan berikut.

Jangan dipaksa bangun

Ketika orang yang sedang tidur berjalan sangat sulit untuk dikendalikan atau dibangunkan, jangan mengguncang-guncang tubuhnya atau memaksanya untuk bangun. Orang tersebut sedang berada dalam tahapan tidur yang sangat dalam. Jika dibangunkan datang-datang, ia akan merasa pusing & mengalami disorientasi. Maka, kalau Anda memang tak sanggup membangunkan atau menuntunnya pulang ke kawasan tidur, sebaiknya pastikan bahwa Anda terus memantau & menjaga supaya orang tersebut nir menginjak atau menyenggol apa pun.

Bawa ke kawasan yang relatif aman

Apabila Anda ingin membangunkan orang yang tidur sambil berjalan, sebisa mungkin arahkan dulu supaya ia tak berada dalam kawasan yang berbahaya saat ia bangun. Hindari anak tangga, kamar mandi yang licin, atau dapur yang penuh bareng perabotan. Jika ia sudah berjalan sampai ke luar rumah, tuntun pulang ke dalam supaya dirinya nir terlalu kaget ketika terbangun.

Jauhkan benda-benda tajam dalam sekitarnya

Sebelum orang yang tidur berjalan terbangun, pastikan tak terdapat benda-benda yang berbahaya misalnya pecah-belah atau alat makan dalam sekitarnya. Dengan begitu, ketika dirinya terbangun, beliau tak akan menyenggol sesuatu yang justru akan membuatnya terkejut & bereaksi secara proaktif. Apabila orang yang berjalan dalam tidurnya sudah terlanjur menggenggam sesuatu, sebaiknya untuk mengambilnya perlahan-lahan sebelum dirinya terbangun.

Bangunkan bareng suara berisik

Jangan membangunkan orang yang tidur berjalan bareng cara menyentuh, mengguncang, atau menepuk dirinya. Kalau Anda melakukan ini, akbar kemungkinan orang yang Anda bangunkan tersebut akan refleks menyerang atau menghalau Anda tanpa sadar. Ini sebab dalam alam bawah sadarnya, beliau menerjemahkan situasi yang sebenarnya dialami menjadi ancaman. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda membangunkan orang yang tidur berjalan bareng membuat suara-suara yang berisik. Mulailah bareng suara yang relatif kecil misalnya memanggil namanya atau membuka & menutup daun pintu secara cepat. Anda juga sanggup memainkan nada suara menurut smartphone. Semakin usang, pastikan suara yang Anda buat semakin keras supaya orang yang tidur berjalan sanggup tersadar secara bertahap.

Pastikan nada suara Anda tetap tenang

Waktu membangunkan orang yang tidur sambil berjalan, kendalikan suara & reaksi Anda. Usahakan untuk tetap tenang, jangan terlihat panik atau ketakutan. Bayangkan andai saja Anda berada dalam posisi orang tersebut. Dia akan sangat galau ketika mendapati dirinya datang-datang berada dalam luar kamarnya bareng suara Anda yang panik membangunkannya. Maka, sebaiknya gunakan nada suara Anda misalnya biasa.  

BACA JUGA:

Mengenal Parasomnia, Mulai menurut Tidur Berjalan Hingga Ketindihan
Kenapa Ada Orang yang Bisa Tidur Sambil Berjalan?
Berbagai Penyebab Seseorang Meninggal Saat Tidur
loading...

0 komentar untuk Beginilah Cara Tepat Membangunkan Orang yang Tidur Berjalan