Bagaimana Cara Membaca Hasil USG

Bagaimana Cara Membaca Hasil USG
Saat kunjungan ke dokter kandungan, pasti Anda & suami bahagia sekali jikalau ditunjukkan gambar janin Anda dalam rahim melalui USG. Dokter pun akan mencetak dampak USG tersebut & memberikannya dalam Anda. Kemudian, Anda lihat lagi & memerhatikan bareng terperinci gambar janin Anda tersebut sembari menebak-nebak apa yang sedang dilakukannya. Namun, apakah Anda sudah melihatnya bareng benar? Apa yang Anda lihat? Nah, banyak mak yang mungkin masih galau bagaimana cara membaca dampak USG. Untuk mengetahuinya, ayo simak ulasan berikut merupakan.

Yang perlu Anda tahu saat membaca dampak USG

USG atau ultrasonografi ialah investigasi yang penting dilakukan saat hamil. Melalui USG, dokter & mak hamil mampu mengetahui kondisi janin dalam kandungan. Tidak hanya untuk melihat jenis kelamin bayi, tetapi pula mampu melihat pertumbuhan & perkembangan bayi dalam kandungan. Untuk mampu membaca dampak USG, usahakan perhatikan hal-hal berikut merupakan.

Warna

Saat Anda melihat dampak USG, yang Anda lihat pasti hanya warna hitam, abu-abu, & sedikit warna putih. Kemudian, Anda menebak-nebak mana bagian-bagian tubuh berasal bayi Anda. Sebenarnya,  apa sih arti berasal masing-masing warna tersebut?

Perlu Anda jangan lupa:

Warna hitam mengartikan cairan
Warna abu-abu ialah jaringan
Warna putih ialah tulang

Warna abu-abu yang umumnya mendominasi area sekitar gambar USG ialah jaringan rahim Anda. Kemudian Anda mampu melihat warna hitam dalam dalamnya, itu ialah cairan ketuban yang mengelilingi bayi Anda. Dan, siapa yang ada dalam tengah yang dikelilingi sang warna hitam dalam gambar? Ya, itu ialah bayi Anda. Jadi, kini Anda jangan galau lagi saat melihat dampak USG. Sekarang, Anda sudah mampu bareng gampang mengetahui dalam mana letak bayi Anda.

Orientasi

Nah, saat Anda membaca dampak USG, jangan hanya memerhatikan warnanya saja untuk menemukan dalam mana letak bayi Anda & beliau sedang apa. Namun, perhatikan pula orientasi gambar. Dengan mengetahui orientasi gambar, Anda mampu membaca dampak USG lebih baik.

Hal ini penting untuk melihat posisi kepala bayi, apakah kepala bayi sudah dalam bawah atau dalam posisi sungsang? Untuk melihat kepala bayi sedang menghadap ke kanan atau ke arah kiri, Anda mampu mencari tulang belakang bayi.

Apa yang mampu Anda ketahui berasal dampak USG?

Sekarang, Anda sudah mengetahui bagaimana cara membaca dampak USG melalui warna & orientasi. Setelah itu, apa saja informasi yang mampu Anda dapatkan berasal dampak USG tersebut?

1. Mengetahui ciri bayi Anda

Pada awal Anda melakukan USG (sekitar usia kehamilan 6-10 minggu), Anda mampu melihat calon bayi Anda masih dalam bentuk seperti gumpalan mini. Kemudian dalam usia kehamilan 12 minggu, Anda sudah mampu mulai melihat kepalanya. Pada usia 20 minggu kehamilan, Anda mulai mampu melihat jantung janin, mata, hidung, kaki, tulang belakang, & jenis kelamin. Gambar bayi yang mampu Anda lihat pula tergantung berasal sudut tembakan berasal transduser USG (indera yang dipakai untuk merogoh gambar USG).

dua. Mengetahui jenis kelamin bayi

Ini umumnya hal yang dinantikan-tunggu sang banyak pasangan ketika mereka melakukan USG. Ya, mengetahui jenis kelamin bayi. Untuk mengetahui jenis kelamin bayi, Anda umumnya disarankan untuk melakukan USG dalam usia kehamilan 18-22 minggu. Sampai usia 14 minggu kehamilan, umumnya bayi laki-laki & perempuan belum mampu dibedakan dalam USG.

Sejumlah faktor turut memilih kemudahan untuk mengetahui jenis kelamin bayi, seperti posisi bayi & usia bayi. Terkadang agak sulit bagi dokter untuk memilih jenis kelamin bayi sebab kaki bayi menghalangi. Anda harus menunggu bayi dalam posisi yang tepat untuk mengetahui jenis kelaminnya.

Untuk mengetahui bayi laki-laki, dokter umumnya akan mencari tanda seperti penyu, ujung penis umumnya mengintip berasal balik testis. Sedangkan, untuk mengetahui bayi perempuan, umumnya dokter akan mencari tanda seperti hamburger sebab klitoris berada dalam antara bibir vagina (labia).

Menentukan jenis kelamin bayi melalui USG mempunyai keakuratan yang tinggi. Namun, kesalahan dalam memilih jenis kelamin pula mampu terjadi. Ini tergantung berasal kejelasan gambar & kemampuan dokter dalam menafsirkan gambar tersebut. Memang, USG tidak dibentuk khusus untuk mengetahui jenis kelamin bayi. Utamanya, USG ditujukan untuk tujuan medis, seperti untuk mengetahui perkembangan bayi dalam kandungan, kondisi plasenta, & kondisi tali pusar bayi.

3. Mengetahui kelainan bayi dalam rahim

Saat melakukan USG, dokter mampu merogoh berukuran tubuh janin sehingga dokter mengetahui apakah calon bayi Anda tumbuh bareng baik dalam dalam rahim. Melalui USG, dokter pula mampu melihat apakah bayi Anda mengalami kelainan struktural, seperti kelainan jantung bawaan, bibir sumbing & celah langit-langit, spina bifida, tanda-tanda Down syndrome, & lainnya. Kelainan dalam plasenta pula mampu ditemukan melalui USG. Bika ditemukan kelainan dalam janin Anda, dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk melakukan tes lebih lanjut, seperti amniosentesis & CVS untuk menyelidiki kelainan kromosom dalam bayi.
loading...

0 komentar untuk Bagaimana Cara Membaca Hasil USG