Apakah Benar Bayi Akan Demam Saat Tumbuh Gigi

Apakah Benar Bayi Akan Demam Saat Tumbuh Gigi
Seringnya, bunda berpikir bahwa demam dalam bayi ditimbulkan lantaran bayi sedang mengalami pertumbuhan, tumbuh gigi contohnya. Tumbuh gigi dalam bayi memang sebagai suatu hal yang menyakitkan untuk bayi. Bayi sebagai tidak nyaman beserta dirinya, sebagai lebih cengeng, & rewel. Terkadang, demam pula bisa menyertai tanda-tanda tumbuh gigi dalam bayi. Namun, benarkah bayi niscaya demam ketika tumbuh gigi? Ataukah ada hal lain yang sebagai penyebabnya?

Demam ketika tumbuh gigi, apakah niscaya akan terjadi?

Ternyata ini hanyalah mitos belaka. Tidak ada liputan atau penelitian yang menunjukan bahwa demam niscaya terjadi dalam bayi yang sedang tumbuh gigi. Prof. Melissa Wake, peneliti asal Centre for Community Child Health dalam Royal Childrens Hospital dalam Melbourne, pun telah melakukan penelitian tentang hal ini dalam tahun 1990-an. Hasil asal penelitian tersebut mengungkapkan bahwa bayi tidak mengalami peningkatan suhu yang signifikan ketika mereka tumbuh gigi.

Tapi, demam ketika tumbuh gigi dalam bayi mungkin saja terjadi. Ini bukan lantaran tumbuh giginya, tapi lebih kepada lantaran bayi terkena infeksi asal luar yang mengakibatkan bayi sakit demam. Adanya kuman atau bakteri yang masuk ke tubuh bayi bisa mengakibatkan infeksi, sebagai akibatnya demam timbul sebagai respon asal tubuh dalam melawan zat asing.

Tumbuh gigi dalam bayi umumnya dimulai dalam usia 4 sampai 7 bulan & berakhir kira-kira dalam usia 24 bulan. Pada usia ini, umumnya bayi sedang suka-sukanya belajar mengenai hal baru. Apapun yang ada dalam genggamannya bisa saja masuk ke verbal bayi. Benda-benda apapun bisa digigit atau dijilat sang bayi untuk menenangkan gusinya yang ingin tumbuh gigi. Padahal, benda tersebut mungkin saja mengandung kuman & bakteri. Hal ini menghasilkan kuman & bakteri masuk ke dalam tubuh bayi, sebagai akibatnya membuahkan bayi sakit demam, diare, atau pilek.

Apa saja tanda bayi akan tumbuh gigi?

Sudah dijelaskan dalam atas bahwa demam bukan ialah tanda bayi tumbuh gigi. Lalu, apa yang bisa mengindikasikan bahwa bayi sedang tumbuh gigi? Berikut ini ialah tanda-tanda awam bayi sedang tumbuh gigi, yaitu:

Sering meneteskan air liur
Gusi bengkak atau memerah
Bayi simpel murka
Bayi lebih rewel & lebih tidak jarang menangis asal umumnya
Bayi tidak bisa tidur
Bayi tidak jarang terlihat berusaha menggigit, mengunyah, atau mengisap sesuatu
Bayi suka menggosok-gosok wajahnya
Bayi kurang nafsu makan
Bayi suka mengusap telinganya
Ada gigi yang terlihat dalam bawah gusi

Bika bayi Knda menunjukan beberapa tanda-tanda tersebut, kemungkinan akbar bayi Knda sedang tumbuh gigi. Tanda-tanda tersebut bisa berlangsung hanya beberapa hari, dalam ketika gigi bayi sungguh baru timbul. Tapi, bayi yang sedang tumbuh gigi pula kadang tidak memunculkan tanda atau tanda-tanda apapun. Sehingga, mungkin sulit bagi bunda mengetahui kapan bayinya mulai tumbuh gigi sebelum giginya sungguh timbul.
loading...

0 komentar untuk Apakah Benar Bayi Akan Demam Saat Tumbuh Gigi