Aturan Penting Saat Memberi Ibuprofen untuk Anak

Aturan Penting Saat Memberi Ibuprofen untuk Anak
Dosis ibuprofen untuk anak harus disesuaikan dengan usia & berat badan anak. Anda harus dengan cermat mengikuti petunjuk dosis yang tersedia dalam kemasan obat sesuai dengan usia & berat badan anak Anda. Jika muncul yang kurang jelas mengenai petunjuk obat tersebut, tanyakanlah kepada dokter atau apoteker.

Aturan pakai ibuprofen untuk anak

Ibuprofen artinya obat yang masuk ke dalam jenis obat anti inflamasi non-steroid atau nonsteroidal anti-inflammatory drug (NSAID). Obat ini digunakan untuk meredakan rasa nyeri, demam, & inflamasi. Jika buah hati Anda alergi terhadap aspirin, sebaiknya jangan memberinya ibuprofen. Jika Anda memberikan anak ibuprofen, pastikan ikuti 8 aturan ini.

Ikuti instruksi kepada label kemasan. Jika memberi obat untuk bayi, ikuti saran dokter tentang jumlah yang diberikan.
Bicara kepada dokter sebelum memberi obat untuk meredakan demam kepada bayi usia kurang dari 3 bulan. Ini untuk memastikan demam bayi bukan menerangkan penyakit serius. Pengecualian jika bayi baru saja diimunisasi. Setelah imunisasi, Anda dapat memberi obat untuk mengurangi demam.
Ibuprofen dapat berbentuk sirup, tablet, kapsul, atau tetes konsentrat. Baca & ikuti semua instruksi kepada botol & kotak kemasan dengan hati-hati sebelum memberikannya ke anak. Ada produk & kekuatan berbeda untuk bayi & anak. Dosis yang sempurna penting agar obat bekerja dengan baik.
Jangan berikan ibuprofen kepada bayi di bawah usia 6 bulan tanpa persetujuan dokter.
Selalu gunakan alat ukur yang muncul kepada obat, bukan sendok dari dapur.
Jangan memberi ibuprofen kepada anak yang sedang minum obat lain kecuali atas permintaan dokter. Obat lain dapat mengandung ibuprofen juga, menimbulkan dosis berlebihan yang berbahaya.
Anda dapat ulangi pemberian dosis obat setiap 6 hingga 8 jam. Jangan lebih dari 4 dosis dalam 24 jam.
Dosis yang sempurna menurut berat badan, bukan usia. Bila Anda nir tahu berat badan anak & ia nir dapat berdiri sendiri di atas timbangan, timbang berat badan Anda ketika menggendongnya, lalu timbang kembali berat badan Anda tanpa menggendongnya. Kurangi berat pertama dengan berat kedua untuk mengetahui berat badan anak.

Dosis ibuprofen untuk anak

Rekomendasi dosis ibuprofen dapat membantu Anda memberi jumlah yang sempurna untuk anak. Berikut pemberian dosis ibuprofen yang sempurna menurut berat badan anak.

Untuk anak dengan berat badan 7-8 kg, dosisnya 50 mg; satu kali alat tetes untuk bayi & 1/2 sendok teh untuk obat cair anak.
Anak dengan berat badan 9-10 kg, dosisnya 75 mg; 1 1/2 kali alat tetes untuk bayi & 3/4 sendok teh untuk obat cair anak.
Anak dengan berat badan 11-16 kg, dosisnya 100 mg; dua kali alat tetes untuk bayi & satu sendok teh untuk obat cair anak.
Anak dengan berat badan 17-21 kg, dosisnya 150 mg; 3 kali alat tetes untuk bayi, 1,5 sendok teh untuk obat cair anak, atau 3 obat kunyah.
Anak dengan berat badan 22-27 kg, dosisnya 200 mg; 4 kali alat tetes untuk bayi, 2 sendok teh untuk obat cair anak, 4 obat kunyah, atau dua kaplet.
Anak dengan berat badan 28-32 kg, dosisnya 250 mg; 2,5 sendok teh untuk obat cair anak, 5 obat kunyah, 2,5 kaplet,  atau 1 tablet dewasa.
Anak dengan berat badan 33-43 kg, dosisnya 300 mg; 3 sendok teh obat cair, 6 obat kunyah, 3 kaplet, 1 sampai 1,5 tablet dewasa.
Anak dengan berat lebih dari 44 kg, dosisnya 400 mg; 4 sendok teh obat cair, 8 obat kunyah, 4 kaplet, atau 2 tablet orang dewasa.

Hal yang penting saat Anda memberikan ibuprofen untuk anak artinya ikuti anjuran yang diberikan oleh dokter.
loading...

0 komentar untuk Aturan Penting Saat Memberi Ibuprofen untuk Anak