Apakah Pertama Kali Menyusui Akan Terasa Sakit

Apakah Pertama Kali Menyusui Akan Terasa Sakit
Hal pertama yang akan Knda lakukan sehabis melahirkan si mini yang menggemaskan adalah melakukan inisiasi menyusu dini (IMD) alias pertama kali menyusui. Knda akan melakukan ini sesaat sehabis si mini lahir. Sakit ketika menyusui mungkin selama ini sedikit menghantui Knda. Lantas, apakah momen menyusui pertama kali akan terasa sakit? Kita cari memahami dalam artikel ini.

Jangan takut sakit ketika pertama kali menyusui

Puting susu yang terasa sakit adalah keluhan yang paling poly dilaporkan oleh mak yang baru pertama kali menyusui. Sakit ketika menyusui pula tidak sporadis terjadi dalam para mak. Lalu, apakah seluruh mak akan mencicipi sakit ketika pertama kali menyusui?

Ketika si mini pertama kali menyusui, Knda biasanya memang akan mencicipi sakit, hal ini adalah sesuatu yang normal terjadi. Namun, patut Knda catat, rasa sakit ini berlangsung hanya berkisar 30 hingga 60 detik. Knda akan mencicipi sakit ketika menyusui dalam area puting hingga areola (bundar gelap dalam lebih kurang puting susu), sehabis itu rasa sakitnya akan hilang sendiri.

Sebenarnya, proses menyusui nir akan menyebabkan rasa sakit, alasannya menyusui adalah hal yang alami. Rasa sakit ketika menyusui yang Knda nikmati ketika pertama kali menyusui ditimbulkan alasannya si mini yang belum pandai menyusu. Perlekatan antara mulut bayi serta puting susu biasanya berada dalam posisi yang galat menjadi akibatnya menyebabkan rasa sakit.

Puting Knda mungkin terlalu jauh berdasarkan mulut bayi, menjadi akibatnya bayi wajib menarik puting ke dalam mulutnya, kemudian menjepitnya memakai langit-langit mulut yang keras yang akhirnya menyakiti puting.

Aika Knda mengalami rasa sakit yang monoton ketika menyusui, hal ini tentu nir normal, alasannya proses menyusui yang sahih seharusnya nir akan menyakiti mak atau bayinya. Ada baiknya segera konsultasikan kepada dokter. Dokter akan memberitahu Knda, apakah sakit yang Knda nikmati ketika menyusui pertama kali normal atau nir.

Bagaimana caranya supaya nir sakit ketika pertama kali menyusui?

Beberapa hal ini mampu dilakukan supaya Knda nir sakit ketika menyusui menjadi akibatnya prosesnya akan terasa simpel serta menyenangkan bagi mak serta bayi.

Pastikan mak serta bayi berada dalam kondisi rileks serta nyaman. Posisi kepala bayi wajib lebih tinggi dibandingkan tubuhnya, hal ini dimaksudkan supaya bayi lebih simpel menelan. Ibu mampu menyangga memakai tangan ataupun mengganjal memakai bantal. Kemudian, tempatkan hidung bayi sejajar memakai puting. Hal ini akan mendorong bayi membuka mulutnya.
Ketika bayi mulai membuka mulutnya serta ingin menyusu, maka dekatkan bayi ke payudara mak. Tunggu hingga mulutnya terbuka memakai lebar memakai posisi pengecap ke arah bawah. Aika bayi belum melakukannya, mak mampu membantu bayi memakai memakai menyentuh lembut permukaan bibir bayi.
Posisi perlekatan terbaik bayi menyusui yaitu perlekatan simetris. Pada perlekatan ini, mulut bayi nir hanya melekat dalam puting payudara, tetapi dalam area bawah puting payudara serta selebar mungkin. Perlekatan ini adalah galat satu kondisi krusial dalam cara menyusui memakai sahih.
Tanda bahwa perlekatan telah baik yaitu ketika mak nir mencicipi nyeri ketika bayi menyusu serta bayi memperoleh ASI yang mencukupi. Ibu mampu mendengarkan ketika bayi menelan ASI.
Aika mak merasa nyeri, lepas perlekatan memakai memasukan jari kelingking ke arah gusi serta puting. Kemudian, coba lagi buat perlekatan yang lebih baik. Setelah perlekatan telah sahih, umumnya bayi akan mampu menyusu memakai baik.
Bayi menyusu lebih kurang 5 hingga 40 menit, tergantung kebutuhannya. Umumnya diharapkan beberapa waktu buat adaptasi mak serta bayi supaya proses menyusui berjalan lancar.
loading...

0 komentar untuk Apakah Pertama Kali Menyusui Akan Terasa Sakit