Apa yang perlu Anda ketahui tentang merawat bayi yang berumur 17 minggu

Apa yang perlu
Perkembangan & Kebiasaan

Bagaimana seharusnya perkembangan bayi saya di minggu 17?

Peneliti percaya bahwa bayi Knda sekarang mampu mengerti semua dasar suara yang membentuk bahasa utamanya. Di antara waktu ini serta usia 6 bulan, beliau akan mengembangkan kemampuan untuk membuat suara-suara dalam bahasa ini, yang berarti Knda mungkin mendengar perkataan yang Knda impikan sebelumnya, terutama mama serta dada. Walaupun ahli perkembangan anak mengatakan bahwa masih terlalu dini bagi bayi untuk menghubungkan suaranya dengan Knda, ini tidak membuat mendengarkan suaranya mengecewakan.

Knda mampu mendorong urusan ekonomi komunikasi bayi dengan meniru aktualisasi diri serta suaranya. Dia mungkin pula mencoba meniru Knda. Katakan ba serta beliau mungkin mencoba berkata balik.

Bereaksi ketika bayi membuat suara atau mencoba berkata sesuatu akan membantunya belajar pentingnya bahasa serta lebih mengerti sebab serta hasil. Ini pula berguna untuk rasa percaya diri bayi: Dia akan mulai menyadari bahwa apa yang beliau katakan membuat disparitas.

Di minggu pertama bulan ke-5, bayi mungkin mampu:

Mengangkat kepala 90 derajat saat berbaring
Tertawa keras
Tahu semua dasar suara bahasa ibu mereka
Mengucapkan istilah sederhana macam mama serta baba tapi belum begitu mengerti artinya
Mengikuti benda sejauh 15 cm serta berpindah 180 derajat dari satu sisi ke sisi lain.

Apa yang harus saya lakukan dengan bayi saya di minggu 17?

Untuk membantu anak, dorong beliau untuk berbicara sambil duduk di depan cermin atau meniru aktualisasi diri serta suara yang bayi buat. Knda mampu pula bereaksi saat mereka membuat suara atau mencoba berkata sesuatu untuk membantu mereka menyadari pentingnya bahasa serta mengerti cara berkomunikasi.

Kesehatan & Keamanan

Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter di minggu 17?

Setiap dokter akan memiliki metode tersendiri untuk memeriksa kesehatan bayi tergantung situasi eksklusif. Tes fisik secara holistik serta jumlah serta jenis teknik penaksiran serta prosedur akan beragam tergantung kondisi anak. Namun, Knda mampu mengantisipasi serta berkonsultasi kepada dokter tentang masalah setelah bayi menjalani investigasi kesehatan:

Beri tahu dokter tentang Knda serta bayi Knda dalam keluarga; cara memberi makan, tidur serta situasi perkembangan secara holistik serta cara mengasuh bayi bila ingin kembali kerja
Dokter akan mengukur berat serta tinggi badan Knda serta lingkar kepala bayi serta untuk mempertimbangkan kembali situasi bayi sejak lahir

Apa yang harus saya ketahui di minggu 17?

Ada beberapa hal yang perlu Knda ketahui:

Infeksi telinga

Infeksi telinga bernama acute otitis media ini muncul saat virus atau bakteri serta cairan terperangkap di belakang gendang telinga. Infeksi ini menyebabkan bengkak, rasa sakit, serta tak jarang demam. Infeksi telinga sangat umum: lebih dari setengah bayi akan mengalaminya sebelum berusia setahun.

Gejala penyakit ini meliputi:

Masalah makan: Infeksi telinga mungkin menyebabkan rasa sakit saat bayi mengunyah serta menelan.
Telinga terus merasa ditarik.
Demam 38oC 40oC.
Perilaku berubah drastis, ditambah dengan flu. Tekanan di dalam telinga mampu menyebabkan rasa sakit pada bayi, terutama saat mereka ditempatkan (seperti saat makan atau berbaring) serta membuat mereka mudah marah.
Telinga mengeluarkan cairan yang mampu berwarna kuning, putih, atau bahkan darah.
Diare. Infeksi telinga tak jarang ditimbulkan oleh virus serta virus pula mampu mempengaruhi sistem pencernaan.

Hal lain yang aneh ialah, infeksi telinga umumnya hilang dengan sendirinya setelah beberapa saat. Namun, dokter akan meresepkan acetaminophen untuk rasa sakit serta demam. Penyakit bayi sering mampu sembuh secara perlahan dalam 2 hari setelah pengobatan.

Untuk mencegah infeksi telinga:

Jauhkan bayi dari perokok pasif karena merokok mampu melemahkan sistem imun mereka
Lanjutkan menyusui jikalau mungkin. Penelitian menunjukkan bahwa bayi menyusui lebih jarang terkena infeksi telinga
Pastikan anak mendapatkan semua imunisasi, terutama pneumonia serta influenza untuk mengurangi insiden infeksi telinga
Batasi penggunaan dot, beberapa studi menunjukkan bahwa bayi yang menggunakan dot mampu lebih berisiko terkena infeksi telinga
Jika menitipkan anak di tempat penitipan anak, abaikan anak bermain dengan anak yang lebih muda. Ini akan mengurangi paparan bakteri yang memperburuk infeksi telinga.

Membantu bayi bangun

Jila bayi sulit bangun sendiri setelah ia terjerembab, beliau membutuhkan Knda untuk membantunya berdiri. Walaupun Knda dilarang mencoba memberdirikan bayi karena leher serta punggungnya belum sepenuhnya berkembang, Knda mampu menyokong bayi berusia 3-4 bulan di mana bayi mampu menegakkan kepala serta tidak jatuh ketika Knda membantunya dari berbagai posisi.

Selain mengubah postur, duduk akan membantu bayi mampu melihat lebih jauh. Daripada hanya menatap langit atau sekitarnya dari kereta dorong, bayi yang duduk akan mampu melihat orang lewat, toko, rumah, pohon, hewan peliharaan, bis, mobil, serta hal-hal menakjubkan di sekitarnya. Dia akan lebih mampu bersenang-senang dibanding saat hanya berbaring. Jadi, saat beliau duduk beliau akan bermain lebih sebentar serta Knda akan lebih mampu santai.

Bayi terlalu tembem

Berbeda dengan kelebihan berat badan pada orang dewasa, bayi tembem tidak berarti karena pola makan. Daripada mencoba menurunkan berat badan bayi, lebih baik memperlambat kenaikan berat badannya, karena bayi semakin bertambah tinggi serta lebih aktif, bayi menjadi lebih kurus. Beberapa tips ini mampu membantu jikalau Knda cemas tentang status berat badan anak:

Hanya menyusui saat bayi lapar
Sesuaikan pola makan bila perlu
Perhatikan kalori makanan
Jangan sapih anak terlalu dini untuk mendorongnya tidur sepanjang malam. Ini tidak hanya efektif tapi pula menyebabkan kelebihan berat badan pada anak
Dorong bayi untuk lebih aktif. Jika jarang bergerak, doronglah bayi untuk lebih banyak bergerak.

Perhatian

Apa yang harus saya perhatikan di minggu 17?

Di bawah ini ialah beberapa hal yang harus Knda perhatikan:

Bayi menolak ASI

Penolakan ad interim tidak sering terjadi serta hampir selalu memiliki alasan khusus. Penyebab paling umum ialah:

Pola makan ibu: jikalau ada beberapa makanan yang membuat bayi menolak ASI, hindari makanan tadi sampai mereka disapih.
Flu bayi: saat hidung tersumbat, bayi tak mampu bernapas melalui mulut serta mengisap secara bersamaan, serta tentunya pilihan pertama bayi ialah menggunakan mulut untuk bernapas.
Gigi bayi: walaupun hampir semua bayi tidak punya gigi sampai usia 5-6 bulan tapi sebagian mulai tumbuh gigi lebih awal. Seringkali bayi akan tumbuh satu atau dua gigi pada 4 bulan pertama. Menyusui akan menekan gusi yang mampu membengkak sehingga bayi akan merasa sakit.
Sakit telinga.
Ada luka dalam mulut bayi.
ASI mengalir dengan lambat. Saat lapar, bayi akan kehilangan kesabaran bila susu tidak cepat keluar.
Perubahan hormon ibu. Ibu baru akan memproduksi hormon yang mengubah rasa ASI serta membuat bayi menolak minum.
Stres pada ibu.
Bayi siap disapih.

Di saat seperti ini, cara ini mungkin membantu:

Jangan mencoba membiarkan bayi minum susu lainnya
Coba lagi. Meskipun beliau terus menolak menyusui, beliau mungkin kembali mengisap setelah beberapa saat
Perlahan berikan makanan padat untuk bayi

Jika terus menolak ASI atau ada gejala lain, diskusikan dengan dokter untuk nasihatnya.

Sulit mengganti popok

Jika sebelumnya bayi hening dalam penggantian popok, kini Knda akan lebih sulit mengganti popok. Bayi akan merasa tidak nyaman serta terpaksa mengenakan popok yang mempersulit penggantian popok. Triknya: Dengan cepat menyiapkan segalanya sebelum menempatkan bayi di meja ganti. Juga tambahkan suara untuk mengalihkan perhatiannya, seperti suara dari HP, kotak musik atau mainan favoritnya, atau dengan nyanyian atau berbicara dengan bayi sampai terselesaikan mengganti popok.

Seperti apa pertumbuhan bayi pada minggu ke-18?
loading...

0 komentar untuk Apa yang perlu Anda ketahui tentang merawat bayi yang berumur 17 minggu