Apa Itu Bingung Puting dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Apa Itu Bingung Puting dan Bagaimana Cara Mengatasinya
Pernah mendengar tutur gundah puting? Bingung puting awam terjadi pada bayi di awal-awal kehidupannya. Hal ini tentu dapat mengganggu pemberian ASI eksklusif kepada bayi. Namun jangan khawatir, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan buat mengatasi hal ini.

Apa itu gundah puting?

Bayi yang selalu mendapatkan ASI langsung berasal payudara ibu & tak pernah mendapatkan botol susu mungkin tak pernah mengalami gundah puting. Bingung puting bisa terjadi saat bayi yang sudah biasa mengisap dot botol susu, kemudian berusaha mengisap puting payudara ibu lagi.

Mengisap dot memakai mengisap payudara ibu tentu berbeda bagi bayi. Bayi mungkin wajib bekerja lebih keras buat dapat mengisap payudara ibu. Mengapa? Hal ini karena bayi wajib membuka mulutnya & menempel memakai baik di payudara ibu agar bisa mengisap payudara ibu memakai nyaman. Saat mengisap payudara ibu, bayi wajib menggerakkan sekitar 40 otot wajahnya buat mendapatkan ASI sampai perutnya kenyang.

Jila bayi mengisap dot, dia tak wajib bersusah payah misalnya itu buat mendapatkan susu. Bayi hanya tinggal membuka mulutnya & kemudian dot akan menghampiri mulutnya. Kemudian, susu pun akan menetes bertahap berasal lubang dot & bayi tak perlu sekuat tenaga mengisap dot.

Nah, saat bayi sudah terbiasa mengisap dot memakai mudahnya, dia bisa saja merasa kesulitan saat wajib mengisap payudara, sebagai akibatnya menolak buat menyusu di payudara ibu. Biasanya, buat menempel pada payudara ibu memakai baik pun bayi akan merasa kesulitan andai saja dia sudah terbiasa memakai dot.

Bagaimana cara mengatasi gundah puting?

Bingung puting biasanya dialami oleh bayi yang diperkenalkan memakai botol susu terlalu dini. Oleh karena itu, para pakar menyarankan agar bayi tak diberi botol susu sampai usianya kira-kira mencapai 4-6 minggu, dilansir berasal WebMD.

Tentu, gundah puting bisa berdampak buruk bagi bayi. Bingung puting dapat menghasilkan bayi merasa kesulitan dalam mendapatkan ASI berasal payudara ibu. Bahkan, beberapa orang menganggap gundah puting sebagai keliru satu penyebab bayi berhenti menyusu di payudara ibu lebih awal. Untuk itu, gundah puting wajib segera diatasi. Bagaimana caranya?

Terus susui bayi. Satu hal yang wajib terus Anda lakukan agar bayi tak mengalami gundah puting ialah terus menawarkan bayi ASI langsung berasal payudara Anda. Awalnya mungkin Anda merasa kesulitan, bayi pun merasa kesulitan buat menempel di payudara Anda. Namun, andai saja terus-terusan dicoba (tanpa memaksa bayi), hal ini dapat membantu bayi buat menemukan posisi nyamannya buat menyusu di payudara ibu.
Bantu bayi saat menyusu. Anda mungkin bisa membantu bayi agar lebih simpel meraih payudara Anda. Saat mulut bayi sudah terbuka, bantu bayi agar bisa menempel & mengisap puting payudara Anda memakai baik. Anda juga bisa memijat payudara Anda buat membantu mengeluarkan ASI saat menyusui.
Menyusui pada waktu yang tepat. Bayi wajib dalam syarat yang lapar agar dia menyusu di payudara Anda memakai baik. Bayi yang lapar biasanya akan mengisap payudara Anda memakai semangat, sebagai akibatnya bisa mendapatkan ASI lebih banyak. Hal ini menghasilkan dia puas & kenyang setelah menyusu.
Kurangi penggunaan botol susu, termasuk empeng. Terus-menerus menawarkan botol susu & empeng pada bayi dapat menghasilkan bayi tambah kesulitan buat bisa menikmati menyusu di payudara ibu. Untuk itu, sebaiknya kurangi frekuensi penggunaan botol susu atau empeng, terutama saat bayi masih mini atau belum pintar menyusu di payudara ibu memakai baik.
loading...

0 komentar untuk Apa Itu Bingung Puting dan Bagaimana Cara Mengatasinya