8 Kebiasaan Tentang Kebersihan Diri yang Wajib Diajarkan Pada Anak

8 Kebiasaan Tentang Kebersihan Diri yang Wajib Diajarkan Pada Anak
Menerapkan pola hayati higienis & sehat (PHBS) lebih berdasarkan sekadar membiasakan anak untuk mencuci tangan. Mengajarkan anak pentingnya menjaga kebersihan diri dalam anak semenjak dini bisa membuat tata cara baik yang akan inheren hingga seumur hayati mereka.

Kebiasaan menjaga kebersihan diri yang perlu diajarkan kepada anak

Berikut adalah beberapa tata cara menjaga kebersihan diri yang bisa Enda ajarkan dalam anak semenjak mini.

1. Rutin mencuci rambut

Kebanyakan anak mini perlu diajari untuk mencuci rambut mereka 2 hingga tiga kali dalam seminggu. Keramas terlalu tak jarang sebenarnya nir terlalu dianjurkan sebab bisa membuat kulit kepala kemarau & lebih rentan ketombean.

Saat mulai bergerak remaja, hormon pubertas akan semakin tinggi & membuat rambut lebih berminyak. Pada masa ini, ajarkan dalam anak untuk mencuci rambut mereka bareng shampoo sesering mungkin, apabila perlu anjurkan mereka untuk mencucinya setiap hari.

2. Rajin mandi

Sebagian anak mini nir senang mandi, ad interim sebagian lain akan mengira mandi adalah aktivitas yang menyenangkan. Enda bisa mengakibatkan mandi sebagai aktivitas yang menyenangkan bareng membiarkan mereka berendam dalam air busa. Siapkan juga air hangat untuk membilas mereka setelah terselesaikan berendam.

3. Merawat kesehatan kulit

Anak-anak usia pra-sekolah masih membutuhkan kontribusi orangtua untuk merawat kulit mereka. Kelainan kulit yang tak jarang terjadi dalam usia ini adalah ruam kemerahan, memar, & bekas gigitan serangga. Enda bisa mengajari anak Enda untuk membiasakan diri menilik semua tubuh mereka sebelum berpakaian. Ajari mereka untuk mencari apakah masih timbul luka atau kemerahan dalam kulit yang membutuhkan perawatan.

Saat bergerak remaja, perubahan hormon akan membuat kulit paras anak Enda lebih berminyak. Produksi minyak yang semakin tinggi ini bisa menyampaikan perkara dalam paras misalnya jerawat. Banyak anak meremehkan jerawat dalam paras bareng hanya mencuci muka bareng air & sembarang sabun. Ajari anak anda untuk mencuci paras mereka 2 hingga tiga hari dalam sehari & ajari mereka untuk nir memencet jerawat.

Aika anak Enda perempuan, beri tahu mereka bahwa membuatkan riasan paras bareng teman bisa menyebarkan infeksi kulit. Selain itu, tidur bareng riasan paras juga buruk bagi kesehatan kulit paras.

4. Menjaga kebersihan verbal & gigi

Gigi & gusi yang higienis bisa mencegah poly sekali perkara kesehatan rongga verbal, misalnya bau napas & gigi berlubang. Ajari anak untuk menyikat gigi minimal 2 kali sehari apabila nir sehabis makan. Anak yang lebih akbar bisa diajari untuk membawa sikat gigi dalam tas mereka sebagai akibatnya mereka bisa menyikat gigi setelah makan dalam sekolah. Ajari juga anak semenjak mini, bahwa diharapkan setidaknya 2 menit untuk membersihkan gigi secara baik & betul.

lima. Membersihkan ketiak

Sebagian remaja mungkin malas untuk membersihkan ketiak mereka bareng betul & nir memakai deodoran. Keringat bisa memicu bau badan dalam anak remaja, & seringnya dimulai semenjak usia 9 atau 10 tahun. Ajari anak Enda ihwal pentingnya membersihkan wilayah ketiak mereka, terutama setelah berolahraga. Tergantung seberapa poly keringat anak Enda, Enda bisa mengajurkan deodoran antiperspirant untuk mereka. Deodoran biasa mengontrol bakteri & menyampaikan aroma yang harum, ad interim deodoran  antiperspirant memiliki manfaat tambahan yaitu bisa mengurangi produksi keringat.

6. Mencuci tangan

Mencuci tangan adalah pilar yang sangat krusial untuk membangun tata cara menjaga kebersihan diri sendiri. Ajarkan anak Enda untuk mencuci tangan sebelum & setelah makan, setelah bermain dalam daerah kotor atau menyentuh fauna, & setelah melakukan kontak bareng orang yang sakit.

Ajari juga ihwal pentingnya mencuci tangan bareng sabun. Mencuci tangan bareng hand sanitizer kurang efektif apabila dibandingkan bareng mencuci tangan bareng air mengalir & sabun. Oleh karenanya, biasakan anak Enda untuk memakai hand sanitizer sesedikit mungkin selama masih tersedia air mengalir & sabun untuk mencuci tangan.

7. Kesehatan kuku

Kuku bisa sebagai daerah yang baik bagi bakteri untuk tumbuh. Kuman yang bersarang dalam kuku anak Enda bisa bareng simpel berpindah ke mata, hidung, & verbal. Selalu biasakan anak Enda untuk membersihkan kotoran dalam bawah kuku sebelum tidur. Menggunting kuku seminggu sekali juga bisa membuang kotoran & menurunkan kemungkinan terjadinya cantengan.

8. Kebiasaan dalam toilet

Setelah anak Enda telah bisa pergi ke toilet sendiri, Enda juga wajib memastikan bahwa mereka bisa menjaga kebersihan bagian intim mereka. Ajari mereka untuk membersihkan organ kemaluan mereka berdasarkan depan ke belakang, & biasakan mereka untuk mencuci tangan setelahnya. Kebiasaan ini bisa mengurangi risiko iritasi & mencegah terjadinya infeksi.

Bagi remaja putri yang telah mengalami menstruasi, ajari mereka untuk mengingat daur menstruasi mereka sendiri sebagai akibatnya mereka bisa menyiapkan pembalut menjelang menstruasi. Beritahu mereka bahwa daur menstruasi mereka bisa saja masih nir teratur dalam 2 tahun pertama semenjak mereka menstruasi untuk pertama kalinya.
loading...

0 komentar untuk 8 Kebiasaan Tentang Kebersihan Diri yang Wajib Diajarkan Pada Anak