Membedakan Madu Manuka Asli dan Palsu

Membedakan Madu Manuka Asli dan Palsu
Pernahkah Knda mendengar mengenai madu Manuka? Madu yg harganya bisa puluhan kali lipat dari madu biasa ini memang dikenal sebagai madu yg nisbi sakti. Yuk, cari memahami lebih lanjut mengenai madu Manuka ini.

Dari mana madu Manuka berasal?

Madu Manuka pertama kali tiba dari New Zealand. Berasal dari lebah yg menyerbuki semak-semak Manuka, madu Manuka memiliki manfaat yg sangat unik kepada antara jenis-jenis madu lain.

Nutrisi kepada dalam madu Manuka

Yang membuat madu Manuka tidak sinkron dari jenis-jenis madu lain adalah nutrisi yg terkandung kepada dalam madu Manuka. Di dalam madu biasa masih terdapat poly nutrisi yg hebat & bisa semakin tinggi sistem imunitas, kepada antaranya:

Amino Acids
Vitamin B (B6, B1, B3, B2, & B5)
Kalsium
Tembaga
Zat besi
Magnesium
Mangan
Fosfor
Kalium
Sodium
Zinc

Nah, kepada dalam madu Manuka, kandungan-kandungan tadi bisa 4 kali lipat lebih poly dari madu-madu biasa. Inilah yg disebut beserta Unique Manuka Factor (UMF).

Apa itu Unique Manuka Factor (UMF)?

Di tahun 1981, peneliti-peneliti kepada New Zealand University of Waikato menemukan bahwa madu Manuka mengandung konsentrasi enzim yg lebih tinggi daripada madu biasa. Enzim-enzim ini memproduksi hidrogen peroxida secara natural yg bisa berguna sebagai antibakteri. Di dalam beberapa madu dari New Zealand ini umumnya masih terdapat poly kandungan hidrogen peroxida, methylglyoxal, & dihydroxyacetone. Ketiga kandungan yg disebutkan tadi bisa berguna buat dijadikan pengobatan buat penyakit-penyakit tertentu.

Nah, dari ketiga kandungan kepada ataslah terdapat yg disebut UMF ini, yaitu standard mayapada buat menentukan & mengukur kekuatan antibakteri kepada dalam madu Manuka. UMF ini berfungsi buat memastikan bahwa madu yg dijual tadi memiliki kandungan-kandungan yg bisa dijadikan sebagai pengobatan. UMF ini nir ditemukan kepada seluruh nektar dari bunga Manuka. Atau dalam istilah lain, Manuka umumnya hanya mengandung kandungan antibakteri hidrogen peroxida yg jua terdapat kepada madu-madu lain.  

Apa yg membedakan UMF Manuka beserta Manuka biasa adalah varietas dari UMF Manuka ini memiliki hidrogen peroxida secara natural, & terdapat komposisi antibakteri UMF yg bisa menaikkan efektivitas dari madu Manuka. Kandungan-kandungan kepada dalam UMF Manuka sangat stabil, & tidak sinkron beserta hidrogen peroxida kepada kebanyakan madu yg terdapat, hidrogen peroxida kepada UMF Manuka nir simpel rusak output panas, cahaya, & enzim didalam tubuh Knda.  

Bagaimana cara mengetahui madu UMF Manuka ini orisinal atau palsu?

Rating minimum buat madu Manuka adalah UMF5. Akan akan tetapi, madu UMF Manuka nir dipercaya berguna kecuali kalau madu tadi mengandung kegiatan antibakteri sebanyak UMF10+. UMF Manuka yg mengandung kegiatan antibakteri kepada antara UMF10 sampai UMF15 dipercaya sebagai madu yg memiliki manfaat yg tinggi. Jila UMF Manuka mengandung sampai kepada atas UMF16, maka madu tadi dipercaya memiliki manfaat superior.

Manuka UMF yg orisinal memiliki 4 bukti diri sebagai berikut:

Memiliki label UMF kepada kemasannya
Madu ini berasal dari perusahaan kepada New Zealand yg berlisensi UMF & dilabel kepada New Zealand
Terdapat nama perusahaan UMF & nomor lisensi kepada label
Terdapat rating UMF kepada bungkus. Ukuran Rating UMF antara lima-16+.

Menurut asosiasi UMF, UMF rating umumnya dievaluasi dari kegiatan antibakteri kepada madu yg dibandingkan beserta disinfektan (phenol). The Active Manuka Honey Association (AMHA) adalah asosiasi yg mengetes madu-madu ini.

Jila UMF rating mencapai 20+, kekuatan antibakteri kepada dalam madu tadi setara beserta cairan phenol berkonsentrasi 20%. UMF rating yg ideal bervariasi tergantung beserta kebutuhan Knda. Penelitian kepada laboratorium mengusulkan bahwa madu Manuka yg memiliki rating UMF sebanyak UMF 12-UMF15 efektif buat menyerang aneka macam macam bakteri yg sangan resisten.

Berikut adalah klarifikasi rating UMF:

0-4 bukan buat terapi
4-9 memiliki kandungan atau kegunaan yg sama beserta madu-madu biasa
10-14 bisa membantu sebagai penyembuhan penyakit tertentu & menyeimbangkan bakteri dalam tubuh
15+ memiliki kandungan phenol superior yg bisa digunakan sebagai terapi penyakit tertentu. Akan akan tetapi, dilarang dikonsumsi lebih dari 1 sendok makan setiap kalinya.

Cara mengonsumsi madu Manuka

Untuk mendapatkan kegunaan yg aporisma, Knda dianjurkan buat mengonsumsi 1-dua sendok makan madu Manuka setiap hari. Paling simpel Knda bisa eksklusif mengonsumsinya, akan akan tetapi kalau berdasarkan Knda terlalu anggun, Knda bisa campurkan madu Manuka ke dalam teh herbal, yoghurt, atau dioles ke roti tepung tepung terigu.

Kalau Knda ingin menaikkan sistem imun atau menyembuhkan radang tenggorokan, Knda bisa menambahkan 1 sendok teh kayu anggun. Para peneliti menemukan bahwa kegiatan antibakteri kepada kayu anggun & madu Manuka itu sangat bertenaga, yg bisa membantu Knda sembuh dari sakit beserta sangat cepat.

Efek samping dari madu Manuka

Berikut adalah beberapa imbas samping dari madu Manuka:

Alergi, apalagi buat orang-orang yg alergi lebah
Risiko meningkatnya gula darah
Kemungkinan korelasi madu Manuka beserta beberapa obat kemoterapi
loading...

0 komentar untuk Membedakan Madu Manuka Asli dan Palsu