Daftar Zat Gizi yang Dibutuhkan di Usia Lanjut

Daftar Zat Gizi yang Dibutuhkan di Usia Lanjut
Salah satu gerombolan yg rentan mengalami gangguan makan & gangguan dalam status kesehatannya adalah gerombolan lanjut usia. Seiring beserta bertambahnya usia, massa otot jua akan berkurang & hal ini mengakibatkan kebutuhan asupan per hari pun berkurang. Beberapa jenis zat gizi mungkin kebutuhannya akan menurun akan tetapi begitu jua kebalikannya. Proses penuaan yg terjadi secara alami memproduksi orang-orang yg sudah berusia lanjut memiliki kebutuhan khususnya sendiri. Lalu apa saja kebutuhan zat gizi yg diperlukan sang gerombolan lanjut usia?

Pada dasarnya, nir peduli berapa usia kita, zat gizi diperlukan sang tubuh buat mempertahankan fungsi tubuh, mencegah poly sekali penyakit terjadi & memproduksi tenaga buat tubuh. Komponen dasar yg wajib terdapat dalam seluruh diet, yaitu:

Protein yg berasal dari protein hewani juga botani
Sayur & butir, setidaknya dikonsumsi dalam lima porsi sehari
Karbohidrat kompleks dari asal makanan utama, misalnya nasi, kentang, roti, umbi-umbian.

Namun permanen saja terdapat kebutuhan spesifik terhadap zat gizi dalam gerombolan lanjut usia, berikut adalah jenis zat gizi yg diperlukan beserta jumlah pribadi:

Kalsium

Kalsium adalah zat gizi primer yg berpengaruh dalam kesehatan tulang, akan tetapi dalam kenyataannya dikala Enda bertambah dewasa, penyerapan kalsium buat tulang semakin berkurang. Kalsium akan pulang diserap sang tubuh dari tulang yg kemudian mengakibatkan osteoporosis atau kerapuhan dalam tulang. Menurut nomor kecukupan gizi buat warga Indonesia, disebutkan bahwa kebutuhan kalsium dalam sehari adalah sebanyak 1000 mg. Sumber makanan yg memiliki kalsium tinggi yaitu, susu & produk susu lainnya, sayuran yg berdaun hijau tua, & beberapa jenis protein hewani.

Lemak

Bagi seseorang yg sudah memasuki usia lanjut, mereka wajib membatasi konsumsi lemaknya, walaupun orang tadi dalam keadaan sehat, atau nir memiliki riwayat penyakit degeneratif misalnya stroke, penyakit jantung koroner, atau diabetes melitus. Jenis lemak yg wajib dihindari adalah lemak jenuh, misalnya dalam mentega, gajih dalam daging sapi, & kulit ayam.

Serat

Masalah dalam sistem pencernaan mungkin saja tidak sporadis terjadi dalam gerombolan usia lanjut, poly dari mereka yg mengalami sembelit atau susah BAB. Sembelit bisa mengakibatkan iritasi dalam sistem pencernaan, sang karenanya buat mencegah hal tadi, asupan seratnya wajib tinggi. Sumber serat yg baik & pengonsumsian yg tidak sporadis, akan membantu memudahkan makanan dicerna beserta baik & memaksimalkan penyerapan zat gizi dari poly sekali asal makanan yg dimakan. Kelompok usia lanjut bisa membarui makanan pokoknya beserta nasi merah atau nasi cokelat (yg memiliki lebih poly serat dibandingkan beserta nasi putih) & poly sekali jenis sayur & butir-buahan.

Cairan

Semakin bertambahnya usia, kemampuan tubuh buat memaksimalkan cairan dalam tubuh buat metabolisme berkurang. Tidak hanya itu, gerombolan usia lanjut jua nir lagi terlalu peka beserta rasa haus, menjadi akibatnya gerombolan ini angat rentan buat mengalami kehilangan cairan tubuh. Dehidrasi akan menjadikan imbas samping lain misalnya kelelahan, nir penekanan, & rasa kantuk yg terus menerus timbul. Oleh karenanya, konsumsi air putih & poly sekali butir yg mengandung air tinggi diperlukan sang orang yg sudah berusia lanjut.

Zat besi

Zat besi poly dikandung dalam asal protein hewani misalnya, daging sapi, daging ayam, hati sapi, & beberapa sayuran berdaun hijau. Tubuh dengan zat besi buat dijadikan hemoglobin dalam darah. Hemoglobin digunakan tubuh menjadi alam transportasi oksigen & makanan ke poly sekali jaringan. Kekurangan zat besi bisa mengakibatkan kurang darah. Dianjurkan buat mengonsumsi zat besi sebanyak 12 mg dalam satu hari.

Vitamin C

Vitamin C adalah vitamin yg larut air menjadi akibatnya gampang sekali hilang dalam tubuh. Di dalam tubuh, vitamin C disimpan dalam bentuk kolagen, yg diperlukan buat menyembuhkan luka, menjaga kesehatan tulang & gigi, dan memperlambat proses penuaan & keriput dalam kulit. Vitamin C yg diperlukan dalam satu hari sang gerombolan usia lanjut yaitu 75 mg & bisa ditemukan dalam poly sekali butir-buahan misalnya butir berjenis citrus.

Vitamin D

Vitamin yg tidak sporadis kali dianggap beserta vitamin surya ini, berfungsi buat membantu penyerapan kalsium & memperlambat hilangnya kalsium dalam tulang. Sumber primer dari vitamin D adalah sinar surya, tepatnya sinar ultraviolet B. Walaupun Enda bisa mendapatkan vitamin D dari sinar surya, makanan yg mengandung vitamin D jua perlu dikonsumsi buat membantu menjaga jumlahnya dalam tubuh. Vitamin D poly dikandung dalam susu & produk susu, daging sapi, hati sapi, & minyak ikan. Seseorang yg sudah berusia lanjut usahakan mengonsumsi suplemen vitamin D yg mengandung 10 mg vitamin D dalam sehari.

Seng

Seng atau zinc adalah jenis zat gizi mikro yg berperan dalam sistem kekebalan tubuh & poly ditemukan dalam daging sapi & kerang-kerangan. Setidaknya orang yg berusia lanjut mengonsumsi sebanyak 13 mg dalam satu hari.

Mengatasi perubahan nafsu makan dalam usia lanjut

Orang yg memasuki masa lanjut usia, umumnya nafsu makan & harapan buat makannya berkurang. Hal ini nir hanya karena fungsi hormon yg berubah, akan tetapi kemampuan alat & organ yg jua menurun memproduksi mereka rentan mengalami kekurangan gizi. Hal ini bisa disiasati beserta menyampaikan porsi mini akan tetapi tidak sporadis & lebih poly menyampaikan selingan dalam antara waktu makan. Setidaknya mereka makan 6 kali dalam sehari, tiga kali makan primer & tiga kali makan selingan, hal ini bisa mencegah mereka kelaparan & menjaga asupan gizinya permanen terpenuhi.
loading...

0 komentar untuk Daftar Zat Gizi yang Dibutuhkan di Usia Lanjut