Cara Melakukan Pijat Bayi untuk Mendekatkan Anda dan Buah Hati

Cara Melakukan Pijat Bayi untuk Mendekatkan Anda dan Buah Hati
Memijat bayi adalah galat satu tren yg relatif digemari orangtua baru akhir-akhir ini. Knda bahkan bisa membawa bayi Knda ke sentra spa atau pijat bayi yg dikala ini sudah menyebar pada mana-mana. Namun, para pakar menganjurkan bahwa ayah atau bunda bayi sendirilah yg sebaiknya memijat si butir hati daripada membawanya buat dipijat pada spa bayi. Orangtua baru umumnya ragu-ragu buat memijat bayinya sendiri sebab takut galat memijat atau menyakiti si bayi. Tak perlu khawatir, teknik pijat bayi intinya sangat sederhana & bisa dilakukan sendiri pada tempat tinggal.

Manfaat pijat bayi

Pijat bayi ternyata memberikan banyak sekali manfaat baik bagi bayi maupun orangtua. Selain membantu bayi supaya lebih rileks & nyaman, pijat bayi pula bisa mendekatkan Knda & butir hati. Simak penjelasan lengkapnya ini dia.

Tidur lebih nyenyak

Pernahkah bayi Knda menangis meraung-raung, tetapi tangisan bayi Knda eksklusif mereda selesainya digendong? Sentuhan orangtua memang bisa membentuk bayi merasa lebih kondusif & rileks. Maka, beserta memijat bayi Knda, beliau akan jadi lebih damai & tidurnya pada malam hari pun lebih nyenyak. Pijat bayi akan menunjukkan stimulasi pada sistem saraf sentra si butir hati sehingga otaknya akan memproduksi serotonin, zat yg bisa membentuk bayi Knda merasa lebih baik.

BACA JUGA: Manfaat Membiarkan Bayi Menangis pada Malam Hari

Membentuk ikatan batin yg lebih kuat

Sentuhan yg penuh afeksi dalam gerakan yg beritme adalah bentuk komunikasi yg positif antara orangtua & bayi. Knda pula bisa memijat sembari mengajak butir hati Knda bicara pelan-pelan beserta nada yg menenangkan. Bayi pun akan belajar buat memercayai sentuhan & arahan Knda. Untuk orangtua baru yg masih acapkali gugup atau cemas menghadapi bayi, pijat bayi adalah cara yg digdaya buat mengembalikan agama diri & pikiran yg positif.

BACA JUGA: Apakah Memijat Bayi Bisa Meredakan Stress Pasca-Melahirkan?

Tips mempersiapkan spa bayi pada tempat tinggal

Tunggulah sampai si butir hati berusia pada atas 2 minggu sebelum memijat bayi buat menghindari risiko iritasi atau alergi terhadap baby oil. Sebaiknya baby oil nir eksklusif dioleskan ke tubuh bayi, tapi masukkan dulu pada telapak tangan & gosok-gosok sampai terasa hangat. Knda bisa memijat bayi Knda dikala suasana hatinya sedang baik & tubuhnya sehat.

Siapkan alas pijat berupa handuk, kain lembut, atau alas ganti popok bayi. Supaya bayi lebih rileks, Knda bisa menutup tirai atau meredupkan sedikit lampu ruangan supaya cahayanya nir terlalu menyilaukan bayi. Pastikan pula bahwa suhu ruangan relatif hangat sebab Knda wajib melepas selimut & sandang bayi selama beliau dipijat. Pijat bayi biasanya nir akan memakan waktu lebih dari 15 menit.

Perhatikan reaksi bayi Knda terhadap gerakan pijatan. Bayi Knda akan menangis atau merengek bila merasa nir nyaman. Knda bisa menghentikan pijatan bila bayi Knda memang nir menyukai sensasinya. Bisa jadi sebab tangan Knda atau baby oil terasa dingin pada kulitnya atau sebab beliau nir suka berbaring membisu lama-lama.

Teknik kondusif buat memijat bayi

Saat memijat bayi, Knda bisa mengandalkan feeling atau kira-kira sebanyak apa tekanan yg disukai bayi Knda. Pada dasarnya, pijat bayi nir membutuhkan tekanan sebab saraf dan ototnya masih sangat sensitif. Knda hanya perlu mengelus atau mengusap-usap bayi beserta gerakan yg pasti tetapi lembut. Silakan eksklusif contek teknik pijat bayi pada bawah ini.

1. Kaki

Mulailah dari kaki bayi Knda. Dengan sangat lembut, urut paha sampai mata kaki bayi Knda. Ulangi pada kaki satunya. Setelah itu, angkat telapak kakinya & beserta gerakan yg serupa, urut telapak kakinya dari tumit sampai ujung jari. Dengan bunda jari Knda, buat gerakan melingkar pada tumit bayi Knda perlahan-huma. Ulangi pula pada kaki satunya.

2. Tangan

Urut lengan bayi mulai dari ketiak sampai pergelangan tangannya pelan-pelan. Lalu beserta lembut, genggam tangan butir hati seperti hendak berjabat tangan. Putar pergelangan tangannya searah jarum jam, diikuti beserta putaran berlawanan beserta jarum jam. Ulangi ke 2 gerakan tersebut pada tangan satunya. Kemudian, beserta ke 2 bunda jari Knda, buat gerakan melingkar pada sisi kanan & kiri telapak tangan bayi Knda. Lakukan gerakan yg sama pada telapak tangan satunya.  

3. Dada

Baringkan butir hati Knda pada punggungnya & pastikan telapak tangan Knda sudah relatif hangat, nir terlalu dingin atau panas pada kulit bayi. Letakkan ke 2 telapak tangan Knda pada dada bayi & buat gerakan melingkar ke luar. Selingi beserta meletakkan kembali telapak tangan Knda pada atas dadanya. Ulangi gerakan ini beberapa kali.

4. Punggung

Baringkan bayi Knda beserta posisi tengkurap. Knda bisa menyandarkan kepalanya pada selimut tebal atau bantal yg nir terlalu tinggi supaya si mungil merasa nyaman. Pastikan bahwa tangan bayi Knda berada pada sisi kepalanya, bukan pada sisi tubuhnya. Posisi Knda seharusnya berada pada samping bayi, bukan pada depan atau belakangnya. Dengan ujung jemari, telusuri punggungnya dari titik pada bawah lehernya sampai ke pinggang belakang. Setelah itu, letakkan ke 2 telapak tangan Knda pada punggung bayi & tarik sampai ke ujung kakinya.

BACA JUGA: Tidur Dengan Bantal Berbahaya Bagi Bayi 

lima. Kepala

Letakkan bagian belakang kepala bayi Knda pada ke 2 telapak tangan. Dengan bunda jari Knda, buat gerakan memutar seperti pola hati yg dimulai dari antara alis butir hati Knda menuju kening & berakhir pada antara ke 2 matanya. Ulangi gerakan yg serupa pada bawah ke 2 mata bayi. Setelah itu, buat gerakan melingkar pada dagu bayi, sempurna pada bawah mulutnya beserta galat satu bunda jari Knda. Setelah selesai memijat, bersihkan bayi Knda dari baby oil & kenakan kembali pakaiannya. Biasanya bayi akan eksklusif tertidur pulas sesudahnya.
loading...

0 komentar untuk Cara Melakukan Pijat Bayi untuk Mendekatkan Anda dan Buah Hati