Apa Benar Posisi Duduk W Pada Anak Itu Berbahaya Ini Kata Para Ahli.

Apa Benar Posisi Duduk W Pada Anak Itu Berbahaya Ini Kata Para Ahli.
Coba perhatikan cara duduk si kecil ketika ia sedang bermain atau menonton televisi. Mungkin Anda akan menemukan ia duduk bareng posisi menyerupai alfabet W. Bagi sebagian akbar anak, posisi duduk seperti ini artinya posisi paling nyaman. Akan tetapi, saat ini banyak yg bilang kalau sebenarnya posisi duduk seperti itu justru berbahaya bagi si kecil. Apakah hal ini betul? Mengapa berbahaya? Simak penjelasannya berikut adalah.

Posisi duduk W jelek buat pertumbuhan anak, apakah betul?

Sebuah survei menemukan bahwa empat sumber enam anak-anak memiliki kebiasaan duduk bareng posisi alfabet W. Kebanyakan, anak-anak memiliki kebiasaan ini ketika mereka berusia antara 4-6 tahun, meskipun mampu saja anak pada bawah 4 tahun atau lebih tua sumber 6 tahun melakukannya pula. Namun, kebiasaan ini usang kelamaan akan hilang ketika si kecil mencapai usia 8 tahun.

Sampai saat ini sebenarnya posisi duduk W masih pro & kontra. Beberapa ahli menyatakan bahwa posisi duduk W akan memberikan beban berlebih pada bagian panggul & lutut anak, menjadi akibatnya risiko menimbulkan cedera sendi. Apalagi, bagi anak yg memiliki gangguan kesehatan tulang kaki, posisi seperti ini akan memperparah kondisinya.

Namun, sebenarnya hingga hari ini belum ada penelitian atau bukti ilmiah yg menyatakan posisi seperti ini menimbulkan gangguan kesehatan pada anak-anak. Seorang dokter ahli tulang sumber Boston Childrens Hospital yg diwawancarai Today.com menyatakan bahwa anak-anak acapkali melakukan posisi duduk seperti ini karena sebagian akbar sumber mereka terlahir bareng bentuk lutut yg mengarah ke dalam. Jadi, posisi duduk ini otomatis mereka lakukan buat memperbaiki bentuk lututnya tersebut.

Bagi sebagian lainnya, posisi duduk seperti ini disukai anak-anak karena posisi tersebut lebih stabil & membuat tubuhnya lebih fleksibel. Ia mampu memutar badannya, mengambil mainan yg ada pada bagian belakang, atau menggapai barang yg ada pada samping & depannya.

Anda tak perlu khawatir andai saja si kecil duduk bareng posisi alfabet W

Lagipula, ketika anak duduk bareng posisi tersebut, itu berarti si kecil tidak merasakan rasa sakit pada bagian lutut atau panggulnya. Saat posisi itu membuat sendi kaki cedera, maka pasti anak tidak akan melakukannya.

Namun, bila memang si kecil memiliki kondisi khusus, seperti bagian tubuh bawahnya panggul & kaki yg lemah atau bentuk kaki yg tak normal, maka sebaiknya hindari duduk bareng posisi alfabet W seperti itu. Anak bareng kelainan otot serta displasia panggul (persendian pangkal paha yg tak normal), pula tidak boleh melakukan kebiasaan ini.

Untuk memahami lebih lanjut apakah si kecil punya kondisi tersebut atau tidak, sebaiknya periksakan ia ke dokter & konsultasikan hal ini pada dokter anak Anda.
loading...

0 komentar untuk Apa Benar Posisi Duduk W Pada Anak Itu Berbahaya Ini Kata Para Ahli.