Apa Artinya Jika Muncul Bisul Setelah Imunisasi BCG

Apa Artinya Jika
Sesuai bersama anjuran Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, imunisasi BCG untuk mencegah tuberkulosis sebaiknya diberikan pada lengan atas sebelah kanan. Nah, umumnya setelah mendapatkan vaksin ini, akan muncul benjolan seperti bisul di lengan yang habis disuntik. Apakah bisul ini berbahaya atau normal? Kenapa ada anak yang tidak muncul bisul setelah divaksin BCG? Simak jawabannya di bawah ini.

Mengenal imunisasi BCG

BCG merupakan imunisasi yang diberikan kepada bayi berusia minimal satu bulan. Imunisasi ini memiliki kepanjangan Bacille Calmette-Guerin dan dibuat dari bakteri Mycobacterium bovis atau M. bovis. Bakteri yang disuntikkan merupakan bakteri hidup yang dilemahkan. Karena itu, Anda tidak perlu khawatir sebab vaksin ini sudah teruji klinis dan terbukti aman.

Sampai saat ini, imunisasi BCG masih menjadi salah satu pencegah yang efektif dalam menangani terjadinya penyakit tuberculosis (TB atau TBC). Imunisasi ini bekerja bersama cara membuat sistem kekebalan tubuh (imun) Anda lebih peka terhadap adanya bakteri penyebab TB dalam tubuh. Dengan begitu, sistem imun bisa menyerang bakteri tadi sebelum menginfeksi.

Wajarkah kalau muncul bisul setelah imunisasi BCG?

Setelah diberikan, vaksin BCG akan memunculkan bekas berupa bisul atau luka bernanah. Namun orangtua tidak perlu khawatir, karena ini merupakan suatu respons alami sistem kekebalan tubuh anak terhadap vaksin yang diberikan. Jadi untuk orangtua diharapkan nantinya jangan kaget apabila bayi yang sudah diimunisasi akan mengalami luka atau bisul pada lengan kanan atasnya.

Reaksi munculnya bisul atau scar bisa beraneka ragam, mulai dari dua hingga 12 minggu setelah diimunisasi. Namun, umumnya memang antara empat sampai enam minggu. Ukurannya pun bermacam-macam, mulai dari tujuh millimeter (mm).

Anak tidak perlu sampai dibawa ke dokter bila muncul bisul setelah imunisasi BCG. Pasalnya, bisul bisa sembuh sendiri lama-lama. Namun, Anda memang perlu membawa si kecil ke dokter apabila terjadi bengkak yang hebat, anak demam tinggi, atau muncul nanah yang berlebihan dari bisul bekas suntikan. Hal-hal tadi bisa menandakan infeksi setelah imunisasi.

Bagaimana kalau tidak muncul bisul setelah imunisasi? Apakah artinya imunisasi gagal?

Mungkin orangtua akan bertanya-tanya. Pertanyaan ini cukup acapkali ditanyakan, yaitu tidak ada bekas bisul atau benjolan apa pun setelah divaksin BCG, apakah vaksinasi gagal? Jawabannya merupakan tidak. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), bisul atau benjolan yang tidak muncul bukan berarti imunisasi pada anak tadi gagal.

Ini bisa saja terjadi dan perlu diketahui dan diingat oleh orang tua bahwa pemberian imunisasi ini bukan melihat ada atau tidaknya luka atau bisul, melainkan sudah disuntik atau belum. Jadi vaksinasi ini tidak perlu diulang lagi. Mengapa begitu? Ini karena sistem kekebalan tubuh setiap anak berbeda-beda. Bisul memang jadi respon yang umum, tapi tidak bisa dijadikan tolak ukur keberhasilan imunisasi.
loading...

0 komentar untuk Apa Artinya Jika Muncul Bisul Setelah Imunisasi BCG