9 Cara Memanfaatkan Minyak Kelapa untuk Bayi

9 Cara Memanfaatkan Minyak Kelapa untuk Bayi
Gambar: Livestrong

Tak mirip orang dewasa, perawatan untuk bayi umumnya membutuhkan lebih poly perhatian. Pasalnya, bayi masih sangat sensitif & lembut sehingga Knda wajib berhati-hati dalam memilih produk perawatan yg mutlak. Bahkan beberapa produk yg didesain khusus untuk bayi pun masih terdapat yg menggunakan bahan-bahan kimia yg mampu menimbulkan iritasi atau alergi. Aika kasus ini mengganggu Knda, sudah saatnya Knda mencoba produk perawatan bayi yg alami & bebas bahan kimia berbahaya. Minyak kelapa adalah keliru satu cara lain perawatan bayi yg mampu Knda coba karena terdapat poly manfaat minyak kelapa untuk bayi Knda.

Jenis-jenis minyak kelapa yg baik untuk bayi

Minyak kelapa mampu digunakan untuk poly sekali hal, mulai berdasarkan mengolah, perawatan kecantikan, atau untuk dikonsumsi. Berikut adalah 3 jenis minyak kelapa yg kondusif untuk digunakan menjadi pengganti obat luar bagi butir hati Knda.

Minyak kelapa murni

Minyak ini diekstrak berdasarkan daging butir kelapa yg dikeringkan dalam bawah sinar matahari. Caranya adalah bareng menggiling & menghancurkan daging butir kelapa kemarau tadi sampai minyaknya keluar. Minyak kelapa murni tidak mengandung bahan kimia tambahan apa pun.

Virgin coconut oil (VCO)

Virgin coconut oil disebut memiliki kualitas yg lebih tinggi dibandingkan minyak kelapa murni. Perbedaannya terletak dalam proses ekstraksinya. VCO diambil berdasarkan santan kelapa sehingga tidak mengalami proses pengeringan & tidak dipanaskan dalam bawah sinar matahari. Maka aroma VCO pun lebih segar berdasarkan minyak kelapa murni. Selain itu, antioksidan yg terkandung dalam VCO juga lebih kaya karena tidak melalui pemanasan.

Minyak kelapa organik

Minyak kelapa organik adalah minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO) yg diekstrak berdasarkan pohon kelapa yg tumbuh secara organik. Ini berarti dalam perawatan & pertumbuhannya, pohon kelapa tadi tidak terkontaminasi bareng bahan kimia apa pun mirip pupuk kimia atau pestisida.

Berbagai kegunaan minyak kelapa untuk bayi

Khasiat kelapa sudah dibuktikan oleh orang-orang dalam seluruh global & sudah diwariskan turun-temurun kepada setiap generasi berikutnya. Ternyata, minyak kelapa juga kondusif & berguna bagi bayi. Tak hanya orang dewasa saja yg mampu menikmati kegunaan minyak kelapa.

1. Mengobati ruam popok

Hampir seluruh bayi pernah mengalami ruam-ruam karena pemakaian popok. Untuk mengobati ruam & mencegahnya tiba kembali, oleskan minyak kelapa dalam ruam popok bayi Knda selesainya mandi & pijat bareng lembut. Minyak kelapa memiliki sifat melembapkan sehingga ruam akan lebih cepat sembuh ad interim kandungan antibakterinya mampu mencegah ruam tiba kembali.

dua. Mengatasi sariawan

Bayi Knda mampu mengalami sariawan karena proses anugerahair susu mak (ASI). Untuk mengatasinya bareng minyak kelapa, oleskan tipis dalam puting susu mak menyusui ketika menyampaikan ASI. Knda juga mampu menotolokan sedikit minyak kelapa dalam verbal bayi untuk meningkatkan kecepatan penyembuhan karena minyak kelapa memiliki fungsi antijamur yg mampu melawan sariawan.

3. Menghilangkan jerawat dalam bayi

Karena kulitnya yg masih sangat sensitif, bayi Knda gampang diserang jerawat. Knda niscaya mampu melihat bintik-bintik kemerahan dalam kulitnya. Kadang, bintik-bintik jerawat ini tampak meradang & terasa sedikit gatal sehingga bayi Knda akan merasa tidak nyaman. Aika tidak ditangani, jerawat dalam bayi Knda berisiko mengalami infeksi. Maka, pakai minyak kelapa untuk menghilangkan jerawat dalam bayi bareng menuangkan sedikit minyak kelapa dalam telapak tangan Knda. Gosokkan dalam tangan sampai terasa hangat & oleskan dalam kulit bayi yg berjerawat. Diamkan selama beberapa jam & bilas higienis bareng air hangat.

4. Mengobati gigitan serangga

Kulit bayi yg digigit serangga akan lebih cepat memerah, meradang, & membengkak daripada kulit orang dewasa. Bayi Knda juga mampu jadi rewel kalau gigitan tadi terasa panas atau gatal. Maka berdasarkan itu, segera atasi bareng minyak kelapa. Oleskan dalam gigitan serangga & diamkan selama beberapa ketika atau sampai kulit tampak sembuh mirip biasa. Minyak kelapa memiliki kandungan antibakteri & anti-peradangan sehingga mampu mengobati gigitan serangga.

lima. Melindungi kulit berdasarkan iritasi

Bayi Knda memang belum membutuhkan pelembap. Akan namun cuaca, sengatan matahari, atau suhu ruangan kadang mampu menciptakan kulit bayi Knda jadi kemarau. Aika dibiarkan, kulit yg kemarau akan jadi iritasi. Minyak kelapa mampu menjadi pilihan yg kondusif untuk melindungi kulit bayi Knda berdasarkan iritasi bareng cara mengoleskannya dalam kulit bayi selesainya Knda gosok-gosok dalam telapak tangan sampai terasa hangat.  

6. Meredakan sakit ketika gigi mau tumbuh

Saat bayi menginjak usia 4 sampai 6 bulan, giginya akan mulai tumbuh. Biasanya gigi bayi yg mau tumbuh akan menimbulkan poly sekali menandakan-menandakan mirip gusi yg terasa nyeri & gatal. Hal ini mampu menciptakan bayi Knda uring-uringan & rewel. Jadi, segera atasi bareng minyak kelapa yg dioleskan perlahan dalam gusi bayi.

7. Meredakan pilek

Minyak kelapa yg dicampur bareng minyak esensial mirip eukaliptus atau peppermint sudah berpuluh-puluh tahun digunakan menjadi balsem untuk meredakan hidung tersumbat karena pilek. Berbagai produk balsem yg tersedia dalam toko umumnya mengandung poly sekali bahan kimia & baunya sangat menyengat. Maka bayi Knda akan merasa lebih nyaman bareng gabungan minyak kelapa & minyak esensial yg dioleskan dalam dada bayi Knda & diamkan sepanjang malam.

8. Mengobati dermatitis seboroik (cradle cap)

Kulit kepala bayi Knda juga masih sensitif, sehingga acapkali bayi mengalami dermatitis seboroik atau cradle cap. Penyakit ini ditimbulkan oleh fungi yg dalam orang dewasa umumnya muncul dalam bentuk ketombe. Karena minyak kelapa adalah agen antijamur, minyak kelapa mampu mengobati dermatitis seboroik dalam bayi bareng kondusif.

9. Merangsang pertumbuhan rambut

Aika bayi Knda mengalami kasus pertumbuhan rambut atau rambutnya sangat tipis dibanding bayi seusianya, Knda mampu mencoba menggunakan minyak kelapa. Kandungan vitamin E & K yg kaya dalam minyak kelapa akan merangsang akar rambut agar jadi lebih bertenaga & lebih cepat tumbuh. Basahi dulu rambut bayi Knda bareng air hangat & masukkan minyak kelapa dalam kulit kepala bayi Knda secukupnya. Setelah itu, pijat bareng lembut & diamkan selama 1/2 jam. Bilas sampai higienis bareng air hangat.
loading...

0 komentar untuk 9 Cara Memanfaatkan Minyak Kelapa untuk Bayi