7 Penyebab Munculnya Gejala Mirip PMS, Padahal Haid Tak Kunjung Datang

7 Penyebab Munculnya Gejala Mirip PMS, Padahal Haid Tak Kunjung Datang
Perut nyeri, mood berubah, timbul jerawat, & tanda-tanda-tanda-tanda PMS lainnya sudah dirasakan, akan tetapi menstruasi nir tiba-tiba. Apakah Knda pernah mengalami yg misalnya ini? Ternyata, nir selalu yg Knda kira menjadi tanda-tanda PMS adalah menerangkan bahwa Knda memang akan tiba bulan, lho. Ada beberapa syarat kesehatan yg bisa menimbulkan tanda-tanda yg mirip misalnya tanda-tanda PMS menjadi akibatnya Knda menduga menstruasi akan segera tiba. Jadi apa saja kemungkinannya bila Knda nir menstruasi padahal mencicipi tanda-tanda-tanda-tanda yg mirip PMS? Ini beliau tujuh kemungkinan penyebabnya. 

1. Kehamilan

Nyeri dalam awal kehamilan jua bisa menyampaikan tanda-tanda yg mirip ketika PMS. Pada awal kehamilan, embrio akan melekat dalam lapisan rahim Knda. Efeknya, dalam ketika 4 minggu awal kehamilan umumnya Knda mengalami perut terasa kram. Hal ini memproduksi beberapa orang terkadang berpikir bahwa haid akan segera tiba.

Hingga minggu kelima & keenam, akan timbul tanda-tanda lainnya misalnya mual & muntah. Di situlah orang umumnya baru menyadari kalau dirinya bukannya akan mengalami menstruasi, melainkan sedang hamil belia.

Gejala lainnya yg bisa timbul adalah payudara terasa semakin mengencang menjelang menstruasi. Hal ini jua bisa terjadi dalam ketika awal kehamilan. Perubahan hormonal ketika menstruasi akan memproduksi payudara semakin sensitif & terasa lebih berat.

dua. Kondisi tiroid

Ketika kelenjar tiroid nir memproduksi hormon tiroid yg nisbi, hal ini akan memengaruhi metabolisme tubuh, termasuk daur menstruasi.

Ketidakseimbangan jumlah hormon tiroid akan memengaruhi hormon krusial dalam proses ovulasi atau divestasi sel terus ke rahim, yakni hormon FSH & hormon LH. Kadar LH & FSH yg rendah akan memengaruhi fungsi ovarium atau yg acapkali dikenal beserta indung telur.

Aika indung telur nir berfungsi beserta baik maka akan terjadi kegagalan divestasi sel telur. Kram perut pun akan timbul. Ini alasannya rahim Knda yg sudah siap buat menampung sel telur berdasarkan indung telur tidak jua kedatangan sel telur yg harusnya diluruhkan menjadi menstruasi.

Karena tiroid jua mengatur fungsi otak, perubahan mood yg Knda kira menjadi PMS sebenarnya adalah imbas berdasarkan syarat tiroid yg memengaruhi fungsi saraf ke otak.

Oleh karenanya, apabila ini terus terjadi disertai tanda-tanda lain yakni penurunan atau peningkatan berat badan mendadak & jantung berdebar-debar, usahakan konsultasikan ke dokter Knda. 

tiga. Kista dalam indung telur (ovarian cysts)

Kista ovarium atau kista dalam indung telur adalah syarat ketika indung telur memiliki kantong berisi cairan yg abnormal.

Terkadang eksistensi ovarium ini nir memiliki tanda-tanda. Namun, ketika akhirnya menimbulkan tanda-tanda, Knda akan mencicipi kram perut padahal nir menstruasi. Saat mengalami syarat ini, nyeri terasa tajam dalam keliru satu sisi perut dalam bawah pusar. 

Kista sebenarnya nir terlalu bermasalah apabila nir mengembang atau bertumbuh. Aika mengembang, kista bisa terpelintir & akan menimbulkan nyeri yg sangat menyakitkan dalam daerah perut bagian bawah. Ini mirip beserta tanda-tanda PMS Knda.

4. Stres

Stres adalah keliru satu penyebab seseorang nir menstruasi. Stres mempertinggi hormon kortisol. Kadar hormon kortisol yg terlalu tinggi akan memengaruhi ekuilibrium hormon, termasuk hormon yg mengatur indung telur & lapisan rahim Knda.

Normalnya, sebelum menstruasi dalam rahim akan terjadi penumpukan lapisan kemudian akan diluruhkan ketika menstruasi tiba. Namun ketika seseorang stres, penumpukan lapisan terus terjadi tanpa diikuti beserta peluruhan dinding rahim.

Kondisi ini terjadi alasannya ekuilibrium hormon yg mengatur ovarium & rahim terganggu. Perut pun terasa sakit misalnya tanda-tanda PMS meskipun Knda nir menstruasi.

lima. PCOS

PCOS atau polycystic ovary syndome adalah syarat output kelebihan hormon androgen. Hormon androgen ini akan memengaruhi fungsi ovarium, pertumbuhan rambut, & penambahan berat badan.

Kondisi PCOS bisa memproduksi daur anovulasi & bercak-bercak darah yg keluar nir teratur. Siklus anovulasi menimbulkan indung telur misalnya melilit & memproduksi nyeri yg terasa misalnya kram ketika menstruasi.

Kelebihan pertumbuhan rambut yg berafiliasi beserta ketidakseimbangan  hormon androgen ini bisa memicu pertumbuhan jerawat yg umumnya terjadi sebelum orang akan mengalami menstruasi. Berat badan pun akan semakin tinggi & terasa kencang dalam syarat PCOS, misalnya menjelang menstruasi. 

6. Infeksi dalam organ reproduksi

Beberapa penyakit kelamin misalnya gonore & klamidia bisa menimbulkan syarat ketidaknyamanan misalnya kram perut ketika menstruasi. Infeksi ini jua akan menimbulkan nyeri dalam lebih kurang panggul misalnya ketika menstruasi ketika darah akan keluar berdasarkan rahim. Padahal Knda sedang nir mengalami tanda-tanda PMS.

7. Polip rahim

Keberadaan polip dalam rahim bisa menimbulkan kram & ketidaknyamanan dalam daerah perut misalnya ketika menstruasi. Polip adalah perbesaran jaringan abnormal dalam dalam tubuh, keliru satunya dalam dalam rahim. Aika nyeri yg Knda nikmati memang nir kunjung hilang & Knda nir menstruasi, segera periksa ke dokter.
loading...

0 komentar untuk 7 Penyebab Munculnya Gejala Mirip PMS, Padahal Haid Tak Kunjung Datang