Ciri-ciri Anda Mengidap Tekanan Darah Rendah

Ciri-ciri Anda Mengidap Tekanan Darah Rendah
Apakah Anda acapkali merasa pusing & lelah? Hati-hati, mampu jadi Anda mempunyai tekanan darah rendah. Bagi beberapa orang, tekanan darah rendah bahkan mampu menimbulkan seseorang pingsan. Kapan seseorang dinyatakan mempunyai tekanan darah rendah? Apa saja gejala yg memberikan tekanan darah rendah?

Untuk mengetahui apakah Anda mempunyai tekanan darah rendah atau nir, Anda perlu melakukan tes tensi darah. Ketika Anda melakukan tes tekanan darah akan muncul 2 nomor. Angka yg pertama (nomor yg muncul paling atas) memberikan tekanan sistolik tekanan dalam arteri dalam mana jantung berdetak & diisi oleh darah. Angka yg kedua (nomor yg muncul dalam bawah) memberikan tekanan diastolik tekanan dalam arteri ketika jeda jantung dalam setiap detakan.

BACA JUGA: Pengobatan Rumahan untuk Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Jika hasil tes tersebut  90/60 (90 mm Hg per 60 mm Hg), artinya Anda mempunyai tekanan darah rendah. Ada banyak sekali macam hal yg menimbulkan tekanan darah rendah, seperti kehamilan, alergi, faktor psikologi, atau masalah dalam jantung. Meskipun nir seluruh tekanan darah rendah adalah syarat berfokus, Anda tetap dihentikan meremehkannya. Dalam masalah yg fatal, tekanan darah rendah mampu saja menimbulkan kematian.

Apa saja gejala tekanan darah rendah yg acapkali terjadi?

Tekanan darah rendah terkadang diartikan menjadi tanda nir cukupnya darah yg mengalir dalam otak & organ penting lainnya, sehingga mampu menimbulkan beberapa gejala seperti:

Pening atau badan terasa ringan
Pingsan
Penglihatan kabur
Detak jantung lebih cepat dari normalnya & iramanya menjadi nir teratur
Merasa kebingungan
Mual atau merasa nir lezat badan
Lemah
Merasa kedinginan
Kulit pucat (pucat karena sakit)
Merasa haus atau dehidrasi dehidrasi mampu menjadi penyebab tekanan darah menurun
Susah penekanan atau berkonsentrasi

Berbagai gejala tekanan darah rendah tergantung tipenya

Ada beberapa orang yg memang selalu mengalami tekanan darah rendah. Ada juga orang dengan tekanan darah rendah kronis yg nir memberikan beberapa gejala. Kondisi tersebut biasanya hampir nir pernah menjadi gangguan yg berfokus. Tekanan darah menurun ditimbulkan otak kekurangan pasokan darah yg memadai. Setiap orang mempunyai tipe tekanan darah yg tidak selaras. Berikut ini beberapa tipe tekanan darah rendah:

1. Tekanan darah rendah postural

Jenis tekanan darah ini adalah hal yg umum terjadi ketika Anda buru-buru berdiri dari posisi duduk atau berbaring.

Percaya atau nir, gravitasi membuat genre darah Anda mengarah ke kaki ketika Anda berdiri. Tubuh Anda mencoba untuk menaikkan denyut jantung & kontriksi pembuluh darah, agar pasokan darah mampu kembali ke otak. Ketika hal ini terjadi, Anda akan mengalami pening, rasa seperti melayang, pandangan kabur, & bahkan pingsan.

Apakah penyebabnya hanya karena gravitasi saja? Tentu terdapat pemicu lainnya, yaitu seperti dehidrasi, istirahat yg usang, kehamilan, masalah jantung, keadaan yg sangat panas, varises yg membesar, diabetes & kelainan saraf. Tidak hanya itu, tekanan darah tipe ini juga mampu terjadi karena dampak obat. Ketika Anda didiagnosis menderita darah tinggi, obat yg dipakai untuk mengatasi darah tinggi tersebut mampu menurunkan tekanan darah rendah secara drastis.

BACA JUGA: Tekanan Darah Tinggi Dapat Meningkatkan Risiko Stroke

2. Tekanan darah rendah postprandial

Uniknya, tekanan darah ini terjadi setelah makan. Mengapa mampu begitu, bukankah seharusnya setelah makan kita mendapatkan nutrisi lebih?

Setelah makan, genre darah akan berkiprah dalam saluran pencernaan Anda. Sama halnya dengan ketika Anda berdiri, darah mengumpul dalam kaki. Tubuh Anda mencoba untuk melawan hal tersebut dengan menaikkan denyut jantung Anda agar tetap dalam keadaan normal. Namun upaya tubuh  nir selalu berhasil, sehingga ketika gagal, Anda akan mencicipi pening, rasa ingin pingsan, atau jatuh.

Tekanan darah rendah tipe ini umum terjadi dalam orang dengan tekanan darah tinggi yg sedang dalam pengobatan, atau seseorang dengan sakit gangguan sistem saraf seperti penyakit Parkinson. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengurangi takaran obat, makan dalam porsi kecil (tapi beberapa kali makan), & ngemil makanan rendah karbohidrat.

tiga. Tekanan darah rendah karena salah frekuwensi otak

Tekanan darah ini terjadi ketika adanya frekuwensi yg salah antara otak & jantung. Penyebab dari tipe tekanan darah rendah ini adalah berdiri dalam jangka waktu yg usang, akibatnya Anda akan merasa pening, mual, & pingsan.

Biasanya tipe tekanan darah rendah ini menyerang anak belia. Saraf dalam ventrikel kiri jantung menyampaikan frekuwensi otak bahwa darah terlalu tinggi daripada terlalu rendah. Otak pun menurunkan denyut jantung, sehingga tekanan darah pun menurun. Hal inilah yg menimbulkan darah mengumpul dalam kaki & kesulitan untuk mencapai otak.

4. Tekanan darah rendah yg akan terjadi kerusakan sistem saraf

Kondisi ini mampu dianggap menjadi sindrom Shy-Drager, & adalah kelainan yg langka, ditimbulkan oleh kerusakan progresif dalam sistem saraf otonom (sistem saraf yg mengontrol fungsi otomatis). Ciri dari hipotensi ini adalah Anda mengalami tekanan darah rendah postural yg parah dengan kombinasi tekanan darah tinggi ketika Anda berbaring.

BACA JUGA: Apakah Detak Jantung Anda Normal? Begini Cara Hitungnya

Apa yg harus dilakukan ketika Anda mengalami gejala tekanan darah rendah?

Tekanan darah rendah sebenarnya nir perlu mendapatkan penanganan khusus, namun nir mampu dipercaya remeh karena tekanan darah rendah mampu adalah ciri dari suatu masalah organ penting. Berikut ini yg perlu Anda lakukan ketika mencicipi beberapa tanda yg sudah disebutkan dalam atas:

Hentikan segera apa yg sedang Anda kerjakan
Duduk atau berbaring
Meminum air putih
loading...

0 komentar untuk Ciri-ciri Anda Mengidap Tekanan Darah Rendah