Berbagai Risiko Bahaya Merkuri untuk Kesehatan Anda

Berbagai Risiko Bahaya Merkuri untuk Kesehatan Anda
Anda sempurna telah tidak asing lagi beserta senyawa kimia yg dikenal beserta nama merkuri. Bika mendengar merkuri, sempurna Anda eksklusif terlintas beserta efek negatif atau bahaya yg disebabkan berasal senyawa ini. Sebenarnya, apa itu merkuri? Dan apa bahaya merkuri buat kesehatan tubuh Anda? Simak ulasannya.

Apa itu merkuri?

Merkuri atau yg juga dianggap air raksa (Hg) artinya galat satu jenis logam yg banyak ditemukan pada alam serta beredar dalam batu-batuan, biji tambang, tanah, air serta udara sebagai senyawa anorganik serta organik.

Merkuri yg ada pada dalam tanah, air, serta udara cukup rendah. Berbagai jenis aktivitas manusia yg bisa meningkatkan kadar merkuri menjadi tinggi, misalnya aktivitas penambangan yg bisa menghasilkan merkuri sebanyak 10.000 ton per tahun.

Pekerja yg mengalami hubungan beserta merkuri bisa menderita banyak sekali jenis penyakit yg membahayakan.

Merkuri sangat populer dalam kandungan produk pemutih kulit sebab kemampuannya menghambat pembentukan melanin sebagai akibatnya kulit tampak lebih cerah dalam waktu singkat. Padahal pada kembalihal itu, merkuri justru sangat berbahaya serta usahakan Anda mewaspadai produk-produk tersebut.

Risiko bahaya merkuri yg mengganggu kesehatan

Penggunaan merkuri pada kosmetika kini terbukti berbahaya serta dihentikan pada banyak sekali negara. Tidak hanya buat kulit yg terpapar, bahan kimia tersebut beserta mudah akan diserap kulit serta masuk ke dalam sirkulasi darah.

Merkuri bersifat korosif pada kulit. Ini berarti mengoleskan merkuri pada kulit akan membuat lapisan kulit semakin menipis. Paparan yg tinggi terhadap merkuri bisa berupa kerusakan pada saluran pencernaan, sistem saraf, serta ginjal.

Selain itu, merkuri juga berisiko mengganggu banyak sekali organ tubuh, seperti otak, jantung, ginjal, paru-paru, serta sistem kekebalan tubuh.

Merkuri tidak hanya akan berdampak kepada orang dewasa. Bayi serta anak merupakan golongan yg juga tidak luput berasal risiko paparan merkuri serta efek sampingnya.

Saat anak bersentuhan beserta orang tua yg menggunakan produk berbahan merkuri, maka terdapat kemungkinan bahwa zat tersebut bisa masuk ke tubuh ketika anak mengisap jarinya.

Secara spesifik, keracunan merkuri pada anak dianggap infantile acrodynia. Hal ini bisa dikenali beserta keluarnya gejala rasa sakit serta warna merah belia pada tangan serta kaki.

Bahaya merkuri sinkron jenisnya

Merkuri sendiri memiliki 3 jenis bentuk merkuri yg sama-sama berbahaya buat kesehatan yaitu merkuri elemental (Hg), merkuri inorganik, serta merkuri organik. Apa saja disparitas serta bahaya berasal ketiga jenis merkuri tersebut? Simak ulasannya.

1. Merkuri elemental (Hg)

Uap merkuri yg terhirup paling seringkali menyebabkan keracunan, sedangkan unsur merkuri yg tertelan ternyata tidak menyebabkan efek beracun sebab absorpsinya yg rendah, kecuali jikalau Anda memiliki fistula (saluran tidak normal pada tubuh) atau penyakit peradangan gastrointestinal, atau jikalau merkuri tersimpan buat waktu usang pada saluran gastrointestinal.

Merkuri yg masuk ke dalam tubuh melalui pembuluh darah bisa menyebabkan emboli paru (penyumbatan pembuluh darah paru oleh plak yg terlepas bebas).

Karena bersifat larut dalam lemak, merkuri elemental ini mudah masuk melalui sawar darah otak serta plasenta. Di otak, merkuri akan berakumulasi pada korteks cerebrum (otak akbar) serta cerebellum (otak mini) sebagai akibatnya menggangu fungsi enzim serta transport sel.

Pemanasan logam merkuri membentuk uap merkuri oksida yg bersifat korosif pada kulit, selaput mukosa mata, mulut, serta saluran pernafasan.

dua. Merkuri inorganik

Merkuri ini seringkali diserap melalui saluran pencernaan, paru, serta kulit. Pemaparan merkuri inorganik jangka pendek beserta kadar yg tinggi bisa menyebabkan gagal ginjal. Sedangkan pemaparan jangka panjang beserta takaran yg rendah bisa menyebabkan proteinuria, sindroma nefrotik, serta nefropati yg bekerjasama beserta gangguan sistem kekebalan tubuh.

3. Merkuri organik

Terutama dalam bentuk rantai pendek alkil, metil merkuri bisa menimbulkan degenerasi neuron pada otak serta mengakibatkan baal pada ujung tangan atau kaki, ataksia (pergerakan yg tidak teratur), nyeri sendi, tuli, serta penyempitan jeda pandang. Metil merkuri bisa beserta mudah masuk melalui plasenta serta berakumulasi dalam janin yg mengakibatkan kematian bayi dalam kandungan serta cerebral palsy.
loading...

0 komentar untuk Berbagai Risiko Bahaya Merkuri untuk Kesehatan Anda