Berapa Lama Manusia Dapat Bertahan Hidup Tanpa Makan dan Minum

Berapa Lama Manusia Dapat Bertahan Hidup Tanpa Makan dan Minum
Manusia bisa bertahan hayati selama 3 menit tanpa udara. Di lingkungan yg sangat ekstrem, contohnya Enda terjebak dalam antah berantah pegunungan Everest ketika badai salju, Enda memiliki waktu 3 jam buat bertahan hayati tanpa wilayah berlindung. Lalu, berapa usang insan bisa bertahan hayati apabila nir makan & minum sama sekali?

Durasi hayati tanpa makanan sangat ditentukan sang sejumlah faktor misalnya berat badan, variasi genetik, pertimbangan kesehatan lainnya & yg paling krusial, terdapat atau nir adanya kehilangan cairan tubuh . Pada usia 74 & tubuh sedikit berisi, Mahatma Gandhi bisa bertahan hayati selama 21 hari mogok makan total (akan tetapi minum beberapa teguk air) menjadi aksi protesnya demi kemerdekaan India. Aksi mogok makan lainnya yg didokumentasikan dalam sejarah global mencatat taraf keberhasilan bertahan hayati berkisar antara 46 jam hingga 70 hari.

Meskipun poly faktor yg hadir dalam menentukan berapa usang insan bisa hayati tanpa makan, tubuh kita melalui proses metabolisme langsung yg membantu kita buat berhemat tenaga ketika makanan nir tersedia dalam jangkauan. Pada dasarnya, tubuh mengulur waktu buat mencari nutrisi. Begini kira-kira kronologisnya.

Yang terjadi dalam tubuh ketika Enda nir makan & minum sama sekali

6 jam setelah terakhir makan

Hal ini terjadi hampir setiap hari menggunakan kebanyakan orang. Kita makan, & kemudian umumnya terdapat jarak beberapa jam sebelum kita makan lagi.

Setelah makan, tubuh mencerna makanan buat menciptakan glukosa  asal tenaga primer & diserap ke dalam peredaran darah. Setelah 6 jam berjalan nir makan & minum, kita akan mulai tubuh akan mulai memecah cadangan lemak tubuh buat mengubahnya menjadi glukosa & disebar ke sel & jaringan melalui peredaran darah. Sekitar 25% menurut tenaga yg didapatkan digunakan hanya buat otak Enda, & sisanya buat otot & sel-sel darah merah. Cadangan glukosa tubuh bisa menyediakan tenaga buat Enda selama 24-48jam. Di termin ini, fungsi kognitif otak akan mulai menurun seiring bertambahnya durasi Enda beraktivitas tanpa makan & minum.

BACA JUGA: Hangry: Kenapa Enda Pudah Marah Saat Kelaparan

3 hari nir makan sama sekali

Setelah 3 hari tanpa makanan, simpanan lemak hilang akan akan tetapi otak masih perlu glukosa buat berfungsi. Tidak hanya akan Enda hangry sepanjang waktu, akan tetapi tubuh Enda jua akan memasuki termin ketosis. Ketika tubuh nir memiliki nisbi glukosa menurut makanan buat diproses menjadi tenaga, maka lemak akan dibakar  yg kemudian dipecah menjadi asam lemak. Namun, otak Enda nir bisa berfungsi hanya menurut asam lemak ini menjadi asal tenaga, menjadi akibatnya ini dalam gilirannya fungsi otak normal akan terganggu.

Di termin ini, Enda akan mulai memiliki penglihatan ganda & berhalusinasi. Demi permanen menyala, otak akan terus memakai simpanan glukosa yg tersisa dalam tubuh Enda hingga tetes terakhir, terutama dalam hati. Hal ini akan menyampaikan kurang lebih 30 % tenaga buat otak. Ini ialah suatu respon penyesuaian tubuh yg krusial selama kelaparan.

Setelah 3 hari, Enda akan membutuhkan air buat bisa bertahan hayati atau ini ialah hari terakhir Enda dalam global.

Tidak makan lebih menurut 3 hari

Di hari keempat, otak Enda akan mendapatkan hampir 70 % menurut tenaga menurut proses ketosis. Setelah 3 hari, bahan bakar cadangan yg terdapat dalam hati akan terkuras habis. Dengan hanya air buat bertahan hayati, tubuh kita intinya memakan dirinya dirinya sendiri  diklaim autophagy.

Autophagy ialah proses pemecahan protein dalam tubuh yg akan digunakan menjadi bahan bakar buat seluruh sistem tubuh. Protein yg dipecah berasal menurut penghancuran jaringan otot, yg adalah keliru satu jaringan tubuh yg mengandung paling poly protein. Menariknya, tubuh akan kehilangan paling poly protein dalam 72 jam pertama sebelum prosesnya melambat lagi demi melestarikan persediaan tenaga terakhir. Namun demikian, meskipun otak Enda akan bisa bertahan hanya menurut memakan protein tubuh, otot Enda akan perlahan menghilang.

BACA JUGA: Pentingnya Mindful Eating, Makan menggunakan Kesadaran Penuh

Setelah 3 minggu nir makan

Setelah 3 minggu nir makan, tubuh terus mencari asal protein buat diubah menjadi bahan bakar. Setelah otot hilang, satu-satunya asal tenaga tersisa ialah jaringan & organ tubuh menjadi penyimpan protein terbesar ke 2 dalam tubuh. Dengan memecah protein jaringan & organ tubuh, Enda mungkin bisa bertahan hingga 3 minggu atau bahkan hingga 70 hari, tergantung dalam apakah Enda permanen terhidrasi atau masih memiliki poly cadangan lemak buat digunakan menjadi tenaga.

Namun, dalam titik langsung, sistem kekebalan tubuh Enda akan mulai tewas karena kurangnya vitamin & mineral. Tanpa persediaan vitamin atau mineral, bersamaan menggunakan kematian sistem imun, fungsi tubuh yg nir perlu, misalnya menstruasi & libido jua akan berhenti total.

BACA JUGA: lima Vitamin yg Enda Perlukan buat Hati yg Sehat

Biasanya, 2 penyakit bisa terjadi dalam stadium akhir kelaparan: marasmus & kwashiorkor. Marasmus ialah bentuk parah malnutrisi & defisiensi tenaga, ditandai menggunakan hilangnya massa otot & edema, atau perut kembung. Kwashiorkor ialah bentuk paling awam menurut kekurangan gizi dalam negara berkembang, ditimbulkan sang nir adanya nisbi asupan protein & jua ditandai menggunakan kelelahan, edema, & penurunan massa otot.

Aika menggunakan suatu keajaiban Enda nir jatuh sakit menurut kelaparan ekstrem, tubuh Enda akan perlahan jatuh ke dalam keadaan vegetatif  fungsi biologisnya menjadi insan masih bekerja baik, akan tetapi otak Enda secara awam nir berfungsi lagi  yg kemudian diikuti menggunakan kematian.

Tidak, ini nir berarti Enda wajib mencobanya buat menandakan.
loading...

0 komentar untuk Berapa Lama Manusia Dapat Bertahan Hidup Tanpa Makan dan Minum