Berapa Banyak Susu Formula yang Diperlukan Bayi

Berapa Banyak Susu Formula yang Diperlukan Bayi
Ada banyak alasan kenapa seorang mak memutuskan untuk memberi susu formula dalam bayinya. Entah karena kasus dalam produksi ASI, dalam syarat kesehatan mak, atau dalam bayi. Namun, Knda wajib memberi perhatian lebih dalam menyajikan susu formula dalam bayi Knda. Salah-keliru, susu formula mungkin sanggup membuahkan bayi Knda sakit, misalnya diare. Selain itu, Knda jua wajib memerhatikan jumlah susu formula yang diberikan ke bayi Knda, apakah telah mencukupi kebutuhannya, atau jangan-jangan kurang, atau malah terlalu banyak? Berapa banyak susu formula yang seharusnya diberikan?

Berapa banyak susu formula untuk bayi?

Saat bayi menangis, umumnya Knda mengartikan tangisan tersebut menjadi frekuwensi lapar. Sehingga, Knda segera memberikannya susu formula agar bayi kenyang. Saat bayi telah kenyang, beliau nir ingin lagi diberi botol susu dan kemudian Knda akan menarik botol susu berdasarkan ekspresi bayi Knda. Begitulah umumnya Knda menyampaikan susu formula ke bayi, yaitu sinkron bareng keinginan bayi.

Benar bahwa sebaiknya Knda menyampaikan susu formula sinkron bareng keinginan bayi Knda, kapan saja waktu Knda merasa bayi Knda sedang lapar. Namun, berikan bayi susu formula secara sedikit demi sedikit, bareng hukum misalnya di bawah ini.

Bayi baru lahir

Biasanya membutuhkan susu formula sebanyak 45-90 mililiter setiap dua-3 jam. Bayi baru lahir masih mempunyai ukuran lambung yang mini, sehingga beliau membutuhkan susu lebih sedikit, namun bisa lebih acapkali. Jumlah ini bisa semakin tinggi seiring pertumbuhan bayi, dan jika bayi Knda jua sanggup menghabiskan lebih banyak setiap kali beliau menyusu. Jangan memaksa bayi untuk menghabiskan susunya jika beliau telah nir sanggup menyusu lebih.

Bayi yang berusia kurang lebih dua bulan

Biasanya telah bisa menghabiskan susu formula sebanyak 120-150 mililiter setiap kali menyusu. Ukuran lambung bayi telah lebih besar dibandingkan waktu beliau baru lahir. Bayi mungkin akan menyusu setiap 3-4 jam.

Bayi usia 4 bulan

Sudah bisa menghabiskan 120-180 mililiter setiap menyusu, tergantung berdasarkan frekuensi menyusunya (setiap berapa jam beliau butuh susu) dan ukuran tubuhnya. Biasanya bayi yang mempunyai tubuh lebih besar sanggup menghabiskan susu lebih banyak. Bika bayi telah mencapai berat badan lima,4 kg, mungkin beliau nir membutuhkan minum susu tengah malam karena umumnya beliau telah lebih banyak menyusu dalam siang hari.

Bayi usia 6 bulan

Biasanya sanggup menyusu sebanyak 180-230 mililiter setiap 4-lima jam. Bika Knda telah memperkenalkan bayi bareng masakan padat, mungkin jumlah ini bisa menyesuaikan. Knda mungkin wajib mengurangi jumlah bantuan gratissusu formula ke bayi jika Knda telah menyampaikan masakan padat kepadanya.

BACA JUGA: Aturan Memberi Susu Formula Pada Bayi yang Baru Lahir

Berat badan bayi jua berpengaruh

Jangan menyampaikan bayi Knda lebih berdasarkan 960 mililiter susu formula dalam sehari. Biasanya bayi membutuhkan 150 mililiter sampai 200 mililiter susu formula per kilogram berat badannya dalam sehari. Misalnya, berat badan bayi Knda artinya sebanyak 3,lima kg, artinya beliau mungkin membutuhkan susu formula sebanyak 525 mililiter sampai 700 mililiter per hari.

Namun, kebutuhan ini bisa berbeda antar bayi karena bayi mempunyai nafsu makan yang bervariasi setiap hari. Kadang di hari ini bayi sanggup menyusu lebih banyak dan di hari berikutnya beliau hanya sanggup menghabiskan susunya dalam jumlah lebih sedikit. Bika bayi masih gelisah dan gampang terganggu selama menyusui, mungkin beliau telah kenyang. Bika bayi masih mengisap botol susunya dalam mulutnya, mungkin beliau masih lapar.

Awalnya, Knda sebaiknya menyampaikan susu formula dalam bayi mengikuti keinginan bayi, setiap kali beliau lapar. Seiring waktu, bayi mungkin sanggup berbagi jadwal minum susunya sendiri bareng teratur. Lama-kelamaan jadwal minum susu akan terbentuk bareng sendirinya. Kebiasaan menyusu bayi bisa berbeda-beda antar bayi, termasuk dalam segi jumlah maupun frekuensi menyusu. Kenalilah norma menyusu dan kebutuhan nutrisi bayi Knda sendiri.

Bagaimana cara mengetahui apakah bayi telah cukup menyusu atau belum?

Setiap bayi mempunyai perkembangannya masing-masing dan mempunyai kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda. Untuk mengetahui apakah bayi Knda telah cukup menyusu atau belum, Knda bisa memerhatikan hal-hal di bawah ini:

1. Timbang bayi setiap bulan

Berat badan bayi bisa menerangkan apakah bayi telah mendapatkan cukup nutrisi yang dibutuhkannya. Bika berat badan bayi naik setiap bulan, artinya bayi Knda telah cukup nutrisi. Bika bayi Knda mengalami kasus kenaikan berat badan, sebaiknya jangan menunggu bayi Knda menerangkan frekuwensi lapar untuk memberikannya susu formula. Bahkan, jika perlu Knda wajib membangunkan bayi berdasarkan tidurnya untuk diberi susu. Terutama selama 1 bulan pertama kehidupan bayi, jika bayi Knda tidur lebih lama berdasarkan 4-lima jam dan melewatkan waktu menyusunya, nir kasus jika Knda membangunkan bayi untuk minum susu.

dua. Frekuensi buang air

Lihat berapa kali bayi Knda buang air besar dan buang air mini dalam sehari. Bayi yang mendapatkan cukup nutrisi setidaknya akan buang air besar sebanyak 4 kali dalam sehari dan buang air mini sebanyak 6 kali dalam hari.

3. Tanda lain

Tanda lainnya, yaitu umumnya bayi terlihat nir puas sesudah beliau menyusu.

BACA JUGA: Begini Cara Aman Menyajikan Susu Formula untuk Bayi

Apakah bayi aku terlalu banyak minum susu formula?

Kadang, karena Knda mengikuti keinginan bayi untuk susu formula, Knda menjadi nir sadar bahwa Knda telah terlalu banyak memberikannya susu formula. Memberikan susu formula kepada bayi jua nir baik karena hal ini sanggup mendorong bayi mengalami kelebihan berat badan.

Berikut ini merupakan gejala bayi Knda terlalu banyak mendapatkan susu formula:

Banyak ludah. Bayi yang terlalu banyak mendapatkan susu formula sanggup mengeluarkan ludah lebih banyak.
Kenaikan berat badan berlebih. Bika berat badan bayi bertambah terlalu cepat dan nir diikuti bareng penambahan tinggi badannya, mungkin beliau mendapatkan susu formula berlebih.

Mencegah obesitas dalam bayi yang diberi susu formula

Bika bayi Knda menerangkan gejala terlalu banyak susu formula misalnya dijabarkan di atas, Knda bisa melakukan hal-hal di bawah ini untuk meminimalkan risiko obesitas dalam bayi Knda.

Berikan bayi susu formula hanya dalam waktu beliau lapar, bukan karena hal lain (misalnya bayi bosan atau nir nyaman bareng lingkungan sekitarnya).
Menawarkan empeng waktu bayi ingin mengisap dan nir sedang lapar.
Pastikan Knda menyajikan susu formula dalam takaran yang tepat. Terlalu sedikit air yang ditambahkan dalam susu formula sanggup menaikkan jumlah kalori yang terkandung dalam susu formula. Sedangkan, terlalu banyak air yang Knda masukkan untuk melarutkan susu formula justru sanggup membuahkan ketidakseimbangan natrium dalam susu.

BACA JUGA: Cara Memilih Susu Formula yang Tepat untuk Anak
loading...

0 komentar untuk Berapa Banyak Susu Formula yang Diperlukan Bayi