8 Makanan yang Bisa Menambah Tinggi Badan Remaja

8 Makanan yang Bisa Menambah Tinggi Badan Remaja
Pertumbuhan dan nutrisi sangatlah berkaitan bareng erat, karena proses pembelahan dan perkembangan sel membutuhkan pasokan yang relatif akan energi, asam amino, air, lemak, vitamin, dan mineral. Bagi Anda yang masih dalam masa pertumbuhan dan ingin memaksimalkan tinggi badan, atau apabila Anda ingin anak Anda tumbuh lebih pesat, Anda mampu mulai mengganti diet Anda bareng mengonsumsi kuliner yang mampu menambah tinggi badan.

Kandungan krusial dalam kuliner untuk menambah tinggi badan

1. Protein

Menurut Donald K. Layman dari The American Journal of Clinical Nutrition, aneka macam sumber protein mungkin menunjukkan efek yang berbeda pada metabolisme tulang. Beberapa penelitian menemukan bahwa daging (termasuk unggas dan ikan) merupakan sumber protein yang memiliki tingkat serum yang lebih tinggi dari IGF-1 (Faktor Pertumbuhan seperti Insulin-1), yang bekerjasama bareng peningkatan mineralisasi tulang dan meminimalisir patah tulang. Sedangkan, protein yang berasal dari kacang-kacangan memiliki tingkat yang lebih rendah dari IGF-1.

Sebuah studi klinis dilakukan selama 3 tahun dan melibatkan 342 pria dan wanita sehat bareng usia 65 tahun. Mereka yang mengonsumsi protein lebih banyak dan dibantu bareng kalsium, mengalami peningkatan terbesar dalam kepadatan massa tulang. Dan sebagian akbar protein yang dikonsumsi artinya protein hewani.

2. Vitamin D

Vitamin D baik untuk penyerapan dan penggunaan kalsium dan fosfor oleh tubuh. Ini krusial untuk pembentukan dan kesehatan tulang, gigi, dan tulang rawan. Massa puncak tulang umumnya dicapai pada usia 30 tahun. Oleh karena itu, aktivitas fisik serta banyaknya kalsium dan vitamin D yang dikonsumsi pada masa remaja akan menentukan massa tulang puncak.

3. Vitamin K

Vitamin K merupakan hal yang paling krusial dalam proses pembekuan darah normal tubuh dan kesehatan tulang. Sebagian akbar vitamin K diproduksi oleh mikroorganisme dalam usus dan disimpan dalam hati.

4. Kalsium

Kalsium sangat krusial untuk pembentukan tulang. Kalsium juga  dibutuhkan untuk pengendapan mineral tulang sepanjang hidup Anda. Sebanyak 99% kalsium dalam tubuh disimpan pada tulang dan gigi.

lima. Zinc

Zinc merupakan mineral mikro yang dibutuhkan dalam diet sehari-hari, namun sangat kecil, yaitu sebanyak 50 miligram atau kurang. Zinc berperan dalam mediasi hormonal bareng tergabung dalam sekresi dan buatan hormon pertumbuhan, produksi hormon pertumbuhan pada hati somatomedin-C, dan aktivasi somatomedin-C di tulang rawan. Selain itu, zinc juga berinteraksi bareng hormon lain yang bekerjasama bareng pertumbuhan tulang, seperti testosteron, hormon tiroid, insulin, dan vitamin D.

6. Karbohirat dan lemak

Menurut Ron Zernicke, seorang direktur U-M Bone & Joint Injury Prevention & Rehabilitation Center, penelitian terkini menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dan karbohidrat kompleks, seperti buah-buahan dan sayuran, mampu sungguh meningkatkan kepadatan massa tulang dan penyerapan kalsium.

Makanan alami untuk menambah tinggi badan

Setelah mengetahui nutrisi apa saja yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tinggi badan, cari tahu pada kuliner apa kita mampu menemukan kandungan nutrisi tersebut dalam jumlah banyak.

1. Lobak

Lobak merupakan kuliner yang kaya akan hormon pertumbuhan. Selain itu, lobak juga kaya akan vitamin, mineral, serat, protein, kolesterol, dan lemak. Anda mampu tumbuh beberapa centimeter apabila Anda menambahkan lobak pada diet harian Anda. Anda mampu mengonsumsi lobak bareng cara dimasak atau ambil ekstraknya bareng berbentuk jus, lalu minum setiap hari secara teratur untuk mampu melihat hasilnya setelah beberapa minggu.

2. Telur

Makanlah 3 buah telur setiap hari untuk meningkatkan keseluruhan pertumbuhan Anda. Selain itu, rambut Anda juga akan ternutrisi bareng baik. Telur artinya sumber protein yang tidak berbahaya bagi tubuh, bahkan apabila Anda mengonsumsinya setiap hari. Bagi Anda yang peduli mengenai kandungan kolesterol pada telur, Anda mampu memilih Omega-3 telur atau mampu juga bareng mengonsumsi putih telurnya saja.

3. Susu

Minum 2 gelas susu setiap hari mampu membentuk tulang yang sehat dan membangun sebagian akbar sel tubuh. Tidak hanya mengandung banyak kalsium, susu juga mengandung protein. Vitamin B12, dan vitamin D. Seluruh kandungan tersebut sangat krusial bagi Anda untuk pertumbuhan tulang dan meningkatkan tinggi badan secara Alami.

4. Bok choy

Kubis Cina atau bok choy artinya sayuran lainnya yang harus Anda masukkan dalam diet Anda untuk menambah tinggi badan. Sayuran ini mengandung banyak mineral, vitamin, serat kuliner, dan karbohidrat. Mengonsumsi bok choy secara teratur akan membantu merangsang hormon pertumbuhan dan juga meningkatkan tinggi badan Anda.

lima. Rhubarb

Rhubarb merupakan btg tumbuhan semacam pohon keladi atau talas. Selain baik untuk pertumbuhan, rhubarb juga baik untuk mengatasi diabetes. Anda mampu mengonsumsi tanaman ini dalam keadaan mentah, atau dimasak setiap 3-4 kali dalam seminggu untuk merangsang sekresi hormon pertumbuhan dalam tubuh Anda. Jika Anda mengonsumsinya secara teratur, maka ia juga mampu meningkatkan tinggi badan Anda.

6. Bayam

Bayam tidak hanya membuat tubuh lebih kuat, namun juga membuat tubuh Anda lebih tinggi. Bayam membantu dalam fungsi tubuh, pertumbuhan otak, membangun sel-sel otot, dan juga pertumbuhan tulang, karena bayam kaya akan vitamin, zat besi, serat, dan kalsium. Ambil segenggam bayam dan masukkan ke blender supaya menjadi jus bayam, atau Anda juga mampu menjadikan bayam sebagai salad segar untuk dikonsumsi.

7. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran krusial yang kaya akan vitamin C, zat besi, anti kanker dan juga serat yang sangat baik untuk tubuh. Brokoli mampu merangsang hormon pertumbuhan yang tersembunyi dalam tubuh Anda sehingga mampu meningkatkan tinggi badan.

8. Kacang polong

Kacang polong merupakan sayuran yang bergizi tinggi dan baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Pastikan kacang polong tersebut segar dan tidak kering. Kacang polong kaya akan vitamin, serat, protein, mineral, dan lutein. Berbagai kandungan tersebut baik untuk merangsang hormon pertumbuhan dan meningkatkan tinggi badan.
loading...

0 komentar untuk 8 Makanan yang Bisa Menambah Tinggi Badan Remaja