Apa yang harus saya ketahui dalam merawat anak 13 bulan

Apa yang harus saya ketahui dalam merawat anak 13 bulan
Perkembangan & Perilaku

Bagaimana seharusnya anak saya berkembang di bulan 13?

Pada usia 13 bulan, anak Anda mungkin mengganti kebiasaan makannya. Ia mungkin tiba-tiba sebagai pilih-pilih makanan. Hal ini terdengar aneh akan tetapi sebenarnya normal. Ini waktu yg sempurna buat memulai mencoba jenis makanan yg tidak selaras atau mengenalkan pergi makanan yg sebelumnya tidak disukai. Artinya cita rasa anak Anda sedang berkembang. Anda bisa mencoba banyak sekali makanan atau bumbu. Anda hanya wajib risi jikalau berat badannya turun & ada gejala lain seperti demam atau diare. Hal ini berarti anak Anda tidak napsu makan hasil infeksi. Di dikala seperti ini Anda wajib menghubungi dokter.

Tidak hanya kebiasaan makan saja yg berubah, akan tetapi kebiasaan tidur maupun bisa berubah. Ia bisa tidur lama & bangun tiba-tiba dikala tengah malam. Di usia antara 12-14 bulan, anak-anak mulai aktif bermimpi, & mimpi bisa mengagetkan anak Anda kemudian membuatnya bangun & berteriak. Anda wajib menemaninya sampai ia tertidur, & hal ini pun akan segera berakhir.

Bagaimana cara membantu perkembangan anak saya di bulan 13?

Kadang-kadang memiliki anak yg pilih-pilih makanan sangat membentuk stres. Jangan menekan anak Anda buat makan lebih banyak. Namun, abaikan nafsu makannya yg menentukan seberapa banyak ia wajib makan. Walaupun Anda tidak bisa mengendalikan jumlah makanan yg ia makan, Anda bisa menentukan apa yg ia makan. Selalu tawarkan banyak sekali makanan sehat. Jangan abaikan anak Anda konsumsi camilan yg manis & tidak sehat. Anda mungkin risi jikalau ia tidak cukup makan. Jangan cemas! Selama anak Anda berkembang, ia akan baik-baik saja.

Kebiasaan tidur yg baik penting buat membentuk anak Anda bahagia & sehat. Atur waktu tidur & buatlah rutinitas. Rutinitas sebelum tidur bisa berupa ke toilet, minum segelas susu, menggosok gigi, & mendengarkan dongeng. Anak Anda mungkin akan menolak awalnya, akan tetapi setelah beberapa minggu ia akan meminta dongeng sebelum tidur. Anda bisa membeli sepatu buat anak Anda, tidak hanya kaos kaki seperti sebelumnya.

Kesehatan & Keamanan

Apa yg wajib saya diskusikan bareng dokter di bulan 13?

Anda mungkin sudah kontrol dikala usia 1 tahun. Bika belum, bulan ini artinya waktu yg baik buat kontrol. Anda wajib memberitahukan dokter ihwal perubahan diet, kebiasaan tidur, atau kebiasaan sikap anak Anda.

Apa yg wajib saya ketahui di bulan 13?

Ada beberapa makanan yg bisa berakibat alergi. Ini alasan mengapa dokter menyarankan buat menunggu sampai anak Anda berusia 1 tahun sebelum memperkenalkannya kepada makanan yg mungkin bisa mengakibatkan alergi. Saat ini anak Anda berusia 13 bulan. Anda bisa mulai perlahan mengenalkan makanan-makanan ini. Anda wajib melakukan hal-hal berikut:

Mengetahui makanan yg bisa membentuk alergi. Makanan ini yaitu telur, kacang, strawberi, madu, susu sapi, & tomat.
Mulai satu makanan dalam satu waktu. Ini cara Anda buat bisa melihat adanya reaksi. Biasanya Anda bisa memulai makanan baru setelah 4-5 hari mencoba satu jenis makanan tertentu.
Gunakan kitab harian. Hal ini penting buat mengetahui adanya reaksi terhadap makanan tertentu. Reaksi ini bisa merupakan reaksi alergi makanan akan tetapi bisa maupun bukan. Anda bisa membawa kitab harian makanan kepada dokter buat dievaluasi.

Perhatian saya

Apa yg wajib saya perhatikan di bulan 13?

Anda mungkin risi jikalau anak Anda jatuh atau membentur sesuatu. Jangan terlalu melindungi anak Anda. Ia akan terbentur & memar. Ini artinya bagian berasal hayati. Ia akan belajar buat lebih berhati-hati. Cara terbaik buat mendukung anak Anda yaitu membebaskannya bermain. Hal ini akan membantu perkembangannya. Bermain & jatuh akan membantu anak belajar ihwal tubuh & lingkungannya. Ini akan mengajarkannya bagaimana cara bangkit pergi dikala ia terjatuh, sebab dikala ia dewasa nanti, ia mungkin tak akan lagi bisa menangis & memanggil ibunya dikala jatuh.

Cari tahu apa yg ia bisa lakukan bulan depan!
loading...

0 komentar untuk Apa yang harus saya ketahui dalam merawat anak 13 bulan