10 Cara Membantu Anak Anda Sukses di SMA

10 Cara Membantu Anak Anda Sukses di SMA
Orangtua mempunyai kiprah yang penting dalam membantu anak remaja untuk menjalani masa SMA-nya dengan baik.  Walaupun remaja umumnya menginginkan kemandirian, campur tangan orangtua tetap merupakan hal yang penting bagi kesuksesan akademik.

Berikut ini adalah 10 cara untuk membantu kemajuan anak Knda selama duduk di bangku SMA.

1. Kenali guru-gurunya

Anak remaja Knda dapat berprestasi lebih baik andai istilah orangtua mereka terlibat dalam kehidupan akademiknya. Menghadiri acara sekolah adalah cara yang baik untuk melihat bagaimana sekolah anak Knda, pula mengenal gurunya. Knda pula dapat bertemu dengan wali kelasnya untuk membahas acara & aturan sekolah, serta aneka macam pilihan yang perlu diketahui orangtua & wali murid.

Menghadiri rendezvous guru & murid adalah cara yang indah untuk tetap mengetahui info dari sekolah. Di banyak sekolah, guru umumnya hanya akan memanggil orangtua dikala ada masalah tingkah laku anak atau andai istilah nilai anjlok, tapi jangan sungkan untuk membuat janji dengan gurunya & bertemu untuk membahas perkembangan akademis anak Knda, atau kebutuhan khususnya.

Ingat bahwa orang tua atau wali mempunyai hak untuk bertemu dengan guru, kepala sekolah, atau staff lainnya selama anak masih terdaftar menjadi peserta didik di sekolah tadi.

2. Kunjungi sekolah

Mengetahui lay out & tata letak gedung sekolah dapat membantu Knda terhubung dengan anak Knda dikala sedang berbicara tentang harinya di sekolah. Cari memahami di mana lokasi kelasnya, UKS, kantin, tempat olahraga, lapangan, taman bermain, aula, & ruang guru, menjadi akibatnya Knda bisa membayangkan dunia anak Knda dikala dia sedang bercerita.

Banyak guru sekarang mempunyai website spesifik yang memuat detail pekerjaan tempat tinggal, lepas ujian, & acara & bepergian kelas. Atau mungkin hal ini tercantum di website sekolah anak Knda. Bika ya, Knda dapat menggunakan website tadi untuk selalu ter-update dengan hal-hal yang terjadi di sekolah.

3. Ciptakan suasana & tempat yang mendukung untuk belajar di tempat tinggal

Selama masa SMA, pekerjaan tempat tinggal (PR) menjadi lebih banyak & lebih sulit menjadi persiapan memasuki bangku kuliah. Sementara itu, anak remaja Knda pula harus menyeimbangkan kegiatan ekstrakurikuler & kehidupan sosialnya.

Cara terpenting untuk membantu anak Knda adalah dengan memastikan bahwa dia mempunyai tempat yang tenang, rapi, nyaman, & tanpa gangguan, spesifik untuk belajar & mengerjakan PR. Tanpa gangguan berarti nir ada telepon, televisi, maupun hal-hal yang nir bekerjasama dengan PR-nya setiap malam.  Pastikan Knda rutin mengeceknya untuk memastikan dia nir terdistraksi oleh hal lain.

Temani dikala dia mengerjakan PR, sembari Knda mengerjakan hal lain. Selalu ingatkan agar dia mengerjakan PR berdasarkan dengan jadwal.

Doronglah anak Knda untuk selalu meminta bantuan Knda dikala dia merasa kesulitan. Banyak guru yang pula siap sedia untuk memberi bantuan tambahan usai jam sekolah, & Knda bisa memanfaatkannya.

4. Pastikan anak Knda berangkat ke sekolah dalam kondisi siap belajar

Sarapan yang bernutrisi membantu anak Knda untuk siap belajar seharian. Umumnya, anak yang rajin sarapan mempunyai tenaga yang lebih & akan beraktivitas lebih baik di sekolah. Anak-anak yang menyantap sarapan pula sporadis absen & sporadis masuk UKS dengan masalah perut yang berkaitan dengan rasa lapar.

Knda dapat membantu menaikkan konsentrasi & daya ingat anak dengan menyediakan sarapan yang kaya akan kacang-kacangan, serat, protein, & rendah gula. Bika anak Knda tidak ada waktu untuk sarapan di tempat tinggal, bawakan dia bekal berupa susu, kacang, yogurt, & roti dengan selai kacang atau roti isi pisang.

Remaja memerlukan waktu tidur sekitar 8,lima hingga 9,lima jam setiap malamnya agar dia siaga & siap belajar seharian. Namun, jam masuk sekolah yang sangat pagi, ditambah PR, aktivitas ekstrakurikuler, & nongkrong dengan teman-temannya membuat banyak remaja mengalami masalah kurang tidur. Efeknya, dia akan sulit berkonsentrasi, memori jangka pendeknya menurun, & responnya lambat.

Kebanyakan anak remaja pula mengalami perubahan pola tidur, di mana mereka baru bisa tidur larut malam & baru bisa bangun lebih siang. Bangun siang ini nir bisa dilakukan di hari sekolah, menjadi akibatnya akibatnya mereka menghabiskan akhir pekan dengan tidur seharian. Idealnya, remaja seharusnya mencoba untuk tidur tepat waktu kepada jam yang sama setiap malam, & bangun kepada waktu yang sama di pagi hari. Knda bisa mengingatkan anak Knda untuk mematikan ponsel, membatasi video games, & berhenti menonton televisi atau browsing di internet andai istilah telah jam tidur.

lima. Tanamkan kemampuan mengatur waktu

Kemampuan manajemen waktu akan membantu remaja dalam setiap hal yang mereka lakukan. Namun skill ini umumnya nir secara tertentu diajarkan di sekolah, menjadi akibatnya remaja butuh bimbingan orangtua untuk belajar mengorganisor & mengatur waktu.

Orangtua & wali dapat membantu anak untuk mengatur tugas sekolah & jadwal lainnya di dalam binder atau kitab catatan spesifik. Buatlah kalender time-table spesifik yang berisi jadwal kegiatan & deadline untuk tugas-tugas sekolah, untuk membantu anak Knda merencanakan waktu mereka secara teratur. Jangan lupa untuk memasukkan pula kegiatan non akademik dalam kalender tadi.

Kalender ini pula membantu mereka untuk membuat prioritas dari apa yang mereka harus lakukan. Ingatkan anak Knda bahwa mengerjakan dua hal dalam waktu bersamaan adalah hal yang nir efektif & hanya membuangbuang waktu. Fokuslah kepada satu pekerjaan tanpa terdistraksi oleh hal-hal lain seperti ponsel & televisi.

6. Tawarkan bantuan belajar

Menjelang ujian atau dikala ada banyak hal yang harus dipelajari, bantulah anak Knda untuk mencicil pelajarannya & membagi-baginya dalam jadwal di kalender menjadi akibatnya dia nir perlu belajar banyak hal sekaligus dalam satu malam untuk tes keesokan harinya. Ingatkan anak Knda untuk selalu mencatat di kelas, & ulaslah dengan di tempat tinggal.

Bika nilainya indah, anak Knda mungkin nir perlu dibantu belajar di tempat tinggal. Bika nilainya mulai menurun , mungkin ini saatnya Knda turun tangan.

Knda dapat membantunya mengulas pergi pelajaran di tempat tinggal dengan beberapa teknik, misalnya mengajukan tes berupa pertanyaan sederhana, atau lakukan latihan untuk ujian. Semakin info diproses oleh otak (lewat tulisan, bacaan, pembicaraan, pendengaran) akan semakin banyak info yang diingat. Mengulangi istilah, membaca ulang kitab dengan keras, menulis ulang catatan, atau menjabarkan info tadi ke orang lain dapat membantu otak anak Knda mengingat data.

Bahkan andai istilah anak Knda hanya membaca ulang catatannya, cobalah untuk memberinya kuis kecil, penekanan kepada topik yang tidak terlalu dia kuasai. Bika materi pelajaran itu berada di luar kemampuannya, minta bantuan kepada teman sekelas atau gurunya, atau berikan les tambahan dengan guru privat.

Ingat, tidur malam yang cukup lebih baik daripada belajar semalaman. Penelitian membuktikan bahwa murid yang mengorbankan tidurnya untuk belajar cenderung lebih kesulitan esoknya.

7. Ketahui aturan sekolah

Semua sekolah mempunyai aturan & konsekuensi mengenai sikap siswanya. Sekolah umumnya mencantumkan kebijakan kedisiplinannya (terkadang disebut kode etik sekolah) di kitab pegangan peserta didik. Aturan ini meliputi tata krama peserta didik, cara berpakaian, penggunaan alat elektronik, & konsekuensi yang harus dihadapi andai istilah melanggar aturan.

Kebijakan ini pula dapat meliputi aturan & hukuman untuk kehadiran/absensi, vandalisme, mencontek, berkelahi, & membawa senjata. Banyak sekolah yang mempunyai peraturan spesifik tentang bullying. Ada baiknya andai istilah Knda mengetahui definisi sekolah tentang bullying, konsekuensinya, dukungan korban, & mekanisme pelaporan tindak bullying.

Sangat penting bagi anak Knda untuk mengetahui apa yang boleh & nir boleh dilakukan di sekolah, menjadi akibatnya Knda harus mendukung konsekuensi yang diberikan sekolah dikala anak Knda melakukan pelanggaran. Akan lebih simpel bagi para peserta didik andai istilah aturan di sekolah nir jauh berbeda dengan aturan yang diterapkan di tempat tinggal. Penting untuk dicatat bahwa pendidik dapat memanggil aparat penegak aturan ke sekolah untuk pelanggaran berat & konsekensinya tergantung dari umur peserta didik tadi.

8. Ikut terlibat dalam kegiatan sekolah

Menjadi sukarelawan dalam acara sekolah anak Knda adalah cara yang tepat untuk menunjukkan bahwa Knda tertarik dengan pendidikannya.

Tapi ingat, sebagian anak SMA mungkin akan bahagia dikala orangtua mereka hadir ke sekolah atau kepada acara sekolah, & sebagian lainnya mungkin merasa malu. Pahami isyarat mereka untuk menentukan seberapa akbar kontak tadi berkhasiat bagi Knda & anak Knda, & apakah Knda akan bersukarela mengikuti kegiatan sekolah atau nir. Jelaskan bahwa Knda nir bermaksud memata-matainya, Knda hanya berusaha untuk membantunya di sekolah.

9. Awasi absensi anak di sekolah

Anak remaja Knda sebaiknya beristirahat di tempat tinggal dikala dia mengalami demam, mual, muntah, diare, atau penyakit lain yang membuatnya tidak memungkinkan untuk beraktivitas. Namun selain itu, sangatlah penting untuk mereka datang ke sekolah setiap harinya, alasannya adalah mengejar ketinggalan tugas kelas, proyek, ujian, & PR adalah hal yang lebih sulit & akan mempengaruhi proses belajarnya.

Bika anak terlihat acapkali beralasan untuk nir masuk sekolah, mungkin ada alasan lain yang nir dia beri tahukan, misalnya bullying, tugas yang susah, nilai rendah, masalah sosial, masalah dengan teman, atau masalah dengan guru. Bicarakan hal ini dengannya untuk mencari memahami penyebabnya & mencari penyelesaiannya.

Anak yang acapkali telat ke sekolah pula mungkin mempunyai masalah kurang tidur. Menjaga anak remaja Knda mempunyai jadwal tidur yang teratur dapat membantunya menghindari ngantuk di sekolah & mengurangi keterlambatannya.

Untuk remaja yang mempunyai masalah kesehatan kronis, para pengajar akan bekerja sama dengan keluarga & membatasi tugas mereka menjadi akibatnya mereka dapat mengikuti keadaan.

10. Luangkan waktu untuk bicara tentang sekolah

Menjalin kontak dengan anak dikala dia berkiprah dewasa & ingin berdikari dapat menjadi tantangan tersendiri bagi orangtua, akan tetapi ini sangat vital. Memang, aktivitas di sekolah, hobi baru, kehidupan sosial, bahkan mungkin kehidupan asmara menjadi prioritas pokok bagi kebanyakan murid SMA, oran tua & wali tetaplah jadi tempat mereka berlabuh yang selalu menyediakan cinta, bimbingan, & dukungan.

Berusahalah untuk berbicara dengannya setiap hari, menjadi akibatnya Knda dapat mengetahui apa yang terjadi di sekolah & dalam hidupnya. Saat anak Knda memahami bahwa Knda tertarik dengan apa yang terjadi di kehidupan akademiknya, mereka akan belajar dengan lebih benar-benar-benar-benar.

Karena komunikasi adalah jalur dua arah, cara Knda berbicara & mendengar dapat mempengaruhi bagaimana anaa Knda mendengar & merespon Knda. Sangatlah penting bagi Knda untuk mendengarkan dengan seksama, menjaga kontak mata, & hindari melakukan hal lain dikala anak sedang berbicara. Pastikan Knda menanyakan pertanyaan yang jawabannya bukan hanya iya atau nir.

Selain waktu makan malam atau sarapn, waktu yang tepat untuk berbicara adalah selama bepergian ke sekolah (andai istilah Knda mengantarnya ke sekolah) atau dikala melakukan kegiatan tempat tinggal tangga dengan anak, seperti berbelanja.

Saat anak Knda mengetahui bahwa mereka dapat berbicara dengan terbuka dengan orang uanya, tantangan di sekolah pun dapat lebih simpel teratasi.
loading...

0 komentar untuk 10 Cara Membantu Anak Anda Sukses di SMA